PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK USIA 5 - 6 TAHUN

Authors

  • Mei Lyna Girsang Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Jernih Samosir Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v4i2.1023

Keywords:

storytelling Method, Drawing Creativity

Abstract

This study is aimed to determine the effect of the story telling method of drawing creativity children aged 5-6 years in academic year of 2019/2020. Type of the research is descriptive quantitative research. Sample of this research are 20 children in group B TK EL Patisia in academic year of 2019/2020. The technique of collecting the data is documentation and performance of the work. Technic of analyzing the data is technical analysis of the correlation product. Based on the results of the correlation found that r xy = 0.712 ( rhitung> rtabel ) or 0.012> 0.412 with 0 ,05 significance level. It can be concluded that storytelling method affect the students drawing creativity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz Abdul dan Abdul Majid. 2015. Pendidikan Kesenian II Seni Rupa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Anik Pamilu. 2007. Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Citra Media.
As’adi Muhammad. 2009. Panduan Praktis Menggambar dan Mewarnai UntukAnak. Yogyakarta: Power Books (Ihdina).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Rineka Cipta. Jakarta.
Bachri, Bachtiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak - Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dhien, Nurbiana dkk. 2009. Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka : Jakarta.
Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana, Jakarta.
Fadlillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Ar -Ruzz Media :Yogjakarta.
Gunarti, Winda, dkk. 2008. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Universitas Terbuka : Jakarta.
Hadi, Sutrisno.2015. Metodologi Riset. Pustaka Pelajar :Yogyakarta
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional : Jakarta
Harun Rasyid, Mansyur, & Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Hurlock, Elizabeth . 1980. Perkembangan Anak. Erlangga : Jakarta.
Idris, H Meity. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Dongeng. Luxima
Kusaini. 2004. Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini. Ghalia Indonesia : Jakarta
Khairani. 2013. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru : Cendikia Insani.
Mangkuatmodjo, Soegyarto. 1997. Pengantar Statistik. Rineka Cipta. Jakarta.
Moeslichatoen. 2005. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. PT Rhineka Cipta : Jakarta.
Munandar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Media Akademi : Yogyakarta.
Mulyadi, 2005. Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Prenada Media : Jakarta.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Masyitoh. 2005. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Prenada Media :Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas : Jakarta.
Prasetyo, Rani Setia. 2012. Penggunaan Metode Bercerita Alfabeta: Bandung.
Prasetyowati, Fitri. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok A TK Desa Plumbon II Mojolaban Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi. FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Pentiernitasari Eka. 2017. Pengaruh Metode Bercerita dengan Media Gambar terhadap Kemampuan berbicara Anak Usia Dini di RA Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat”Skripsi. FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah

Published

2019-08-14

How to Cite

Girsang, M. L., & Samosir, J. (2019). PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK USIA 5 - 6 TAHUN. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 4(2), 17–26. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v4i2.1023

Most read articles by the same author(s)