PENGARUH METODE READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV SD WR. SUPRATMAN 1 MEDAN

Authors

  • Maria Friska Nainggolan
  • Martha Telaumbanua Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Arman Bemby Sinaga Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mei Lyna Girsang Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.5170

Keywords:

Metode Reading Aloud, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reading aloud terhadap kemampuan membaca pemahaman cerita pendek pada siswa kelas IV SD WR. Supratman 1 Medan T.A. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol grup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD WR. Supratman 1 Medan yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Kelas eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 78,46 sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelompok kontrol adalah 65,33. Hasil uji Independent Samples Test yang menggunakan data posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa metode reading aloud berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar WR. Supratman 1 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anding, M. F., Saud, S., & Rijal, S. (2021). Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman Melalui Penggunaan Media Cerita Pendek. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1).

Annasyah Kamila, & Rudi Ritonga. (2022). Strategi Reading Aloud Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Di Kelas IV SDN Pancoran 07 Pagi. 6, 59–68.

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1).

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran (Cet. 10). PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Manajemen Penelitian.

Bujangga, H. (2022). Metode Reading Aloud Dalam Membantu Siswa Dengan Kesulitan Belajar Disleksia (Pembelajaran Inovatif Progresif). 3(1), 63–78.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). In Guepedia.

Dr. Priyono, M. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra, Ed.). Zifatama Publishing.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 91(1).

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 54–60.

Ghozali Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. In Semarang, Universitas Diponegoro.

Hardianto, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Teks dengan Menggunakan Metode Reading Aloud di Kelas III SDN. No. 028/XI Tanjung Tahun 2017/2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2).

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2).

Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 187–194.

Ismawati, E., & Umayya, F. (2012). Belajar Bahasa Di Kelas Awal. Ombak.

Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2018). Pengembangan Media Literasi Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahamman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2).

Kurniati, Safei, & Mannia, S. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Reading Aloud Terhadap Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas III SD Negeri Mamajang 1 Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–7.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita

Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).

Musliha, N. N., & Tarmini. (2017). Penerapan Strategi Reading Aloud Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Rakyat. Physics Education, 1(2).

Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press, 2013.

Pasiri, Y., & Syakur, A. (2022). Pengaruh Metode Reading Aloud Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa. Jurnal Guru Membangun, 41(2).

Saddhono, K., & Slamet, St. Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Cet. 1). Karya Putra Darwati.

Setyawatira, R. (2009). Kondisi Minat Baca Di Indonesia. Jurnal Media Pustakawan, 16(1 & 2).

Silberman, M. L. (2011). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Nuansa Cendekia.

Siti Rukoyah. (2014). Pengaruh Metode Reading Aloud (Membaca Nyaring) Terhadap Pemahaman Bacaan Siswa Kelas II MI Nurul Huda Curug Wetan Tanggerang Tahun Pelajaran 2013/2014. In Applied Microbiology and Biotechnology (Vol. 85, Issue 1).

Sofia Anggelina, Herman Budiyono, & Hilman Yusra. (2022). Pengaruh Metode Demontrasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Jurnal Membaca Bahasa & Sastra Indonesia. 7(2), 193–202.

Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2).

Sutedi, A. (2011). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Ustianingsih, L. (2016). Pengaruh Metode Reading Aloud Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2).

Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 164–169.

Widhiasih, L. K. S., & Dharmayanti, P. A. P. (2019). Strategi Membaca Nyaring Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 96.

Yulianita, C., Nugrahani, F., & Suwarto. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Wacana pada Siswa Kelas V SD. 4(5), 7132–7139.

Yuliwati, Y. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 7(2).

Yumnah, S. (2017). Membudayakan membaca dengan metode read aloud. Pancawahana : Jurnal Studi Islam, 12(1).

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Nainggolan, M. F., Telaumbanua, M., Sinaga, A. B., & Girsang, M. L. (2024). PENGARUH METODE READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV SD WR. SUPRATMAN 1 MEDAN . JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 9(1), 10–16. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v9i1.5170

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>