PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN COCA-COLA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MEDAN

Authors

  • Marupa Siregar Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Elizabeth Haloho Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian

Abstract

Fenomena yang terjadi diketahui bahwa konsumen minuman Coca- Cola semakin lama semakin menurun peminatnya khususnya dikalangan Mahasiswa di Universitas Sari Mutiara Indonesia, sehingga penulis ingin mengetahui apakah ada pengaruh harga dan promosi yang menyebabkan minat terhadap minuman Coca-Cola menurun. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui promosi terhadapkeputusan pembelian dan untuk mengetahui pengaruh harga danpromosi sama-sama berpengaruh Terhadap keputusan pembelian konsumen mahasiswa pada minuman Coca Cola di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan.Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini Mahasiswa Program Studi Manajemen dan Akuntansi yang berjumlah 101 orang. Jenis sampel yang digunakan adalah Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data mengunakan analisis statistik. Uji statistik yang digunakan adalah uji regresi berganda dengan uji hipotesis t dan f. Hasil uji hipotesis t diperoleh (H1) nilai t hitung , (2,936) > (1,984) t tabel dan nilai sig 0,005< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak,artinya Harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). (H2) Nilai t hitung (3,160) > (1,984) t tabel ; Nilai sig 0,002< 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H2 diterima dan H0 ditolak, artinya Promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). (H3) hasil uji F diperoleh F hitung (7,085) > Ftabel (3,09) dan tingkat signifikannya 0,001< 0,05, maka dapat disimpulkan disimpulkan bahwa H3 diterima dan H0 ditolak,artinya Harga dan Pomosi secara simultan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.Koefisien Determinasi (r2) = (0,355)2; r2= 0,126. Hal ini berarti 12,6% keputusan pembelian ditentukan atau dipengaruhi oleh harga dan promosi, sisanya 87,4% di tentukan oleh faktor lain di luar penelitian ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-03