STRATEGI PEMASARAN KAIN SONGKET (ULOS) TUMTUMAN DIKALANGAN PENENUN SONGKET MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v10i1.6108Keywords:
strategi komunikasi, komunikasi Pemasaran, Kain songket (Ulos)Abstract
Kain songket khususnya tumtuman merupakan salah satu jenis kain tenun khas suku Batak khususnya batak toba. Pada awalnya tumtuman merupakan salah satu jenis dari kain ulos yang sebelumnya digunakan oleh laki-laki sebagai pengikat kepala. Stratrgi yang terdapat dalam pemasaran merupakan alat yang ampuh untuk memberikan ciri khas yang dapat menjaadi pembeda pada suatu daerah. Saat ini pemberian ciri khas daerah tidak hanya terbatas untuk tangible pada daerah tersebut. Pemberian merek atau ciri untuk suatu lokasi atau tempat memang merupakan hal yang cukup baru dalam ilmu pemasaran. Dalam penelitian ini merujuk pada teori Strategi komunikasi pemasaran adalah rencana terpadu untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada target audiens guna mencapai tujuan bisnis, seperti meningkatkan penjualan, membangun merek, atau mengubah perilaku konsumen dengan menggunakan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif, namun dilihat dari pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan observasi dikalangan wanita khususnya wanita yang akan menikah ataupun untuk digunakan dalam acara tertentu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persaingan kain songket pada saat ini sangatlah transparan apabila dilihat dari sisi warna, harga, motif dan sebuah tren. Oleh sebab itu kain tumtuman sendiri tetap berada di harga untuk semua kalangan khalayak baik dari sisi motif dan warna yang tidak lepas dari warna dasar ulos pada suku batak toba.
Downloads
References
Auler, F., & Huberty, D. (2019). Content Distribution. Germany: Springer Gabler.
Dietrich , G. (2020, February 15). What is The PESO Model? Retrieved from medium: https://medium.com/@ginidietrich/what-is-the-peso-model-ea891b8a153f
Dietrich, G. (2020, February 25). Communicators: It’s Time to Step Up and Own the PESO Model. Retrieved from medium: https://medium.com/@ginidietrich/communicators-own-peso-model-1ca8cbf14487
Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Luga, N., Gulo, N. H., & Harefa, S. B. (2023). Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Sebagai Pembangunan Nasional. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 218-226.
Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.
Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).
Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.
Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.
Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.
NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta
Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.
Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.
Marpaung, R., Sirait, R. T. M., Ginting, M., & Manik, D. (2024). PENGARUH LITERASI KEWARGANEGARAAN TERHADAP CHARACTER BUILDING (STUDI KASUS: MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA). Journal Net. Library and Information, 1(2), 92-100.
OBI Creative. (2019, April 9). An Intro to the PESO Model From Its Creator, Gini Dietrich. Retrieved from obicreative: https://www.obicreative.com/gini-dietrich-peso/#:~:text=The%20PESO%20model%20reflects%20the,over%20the%20past%20twenty%20years.&text=The%20Peso%20model%2C%20which%20Dietrich,marketing%20efforts%20don’t%20suck.
Pasaribu, E. S., & Simanjuntak, O. D. P. (2025). Sosialisasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Pegawai PT. Asuransi Intra Asia Cabang Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 6(1), 104-107.
Professional Academy. (n.d.). MARKETING THEORIES – PESO TOOL. Retrieved from professionalacademy: https://www.professionalacademy.com/blogs-and-advice/marketing-theories—peso-tool
Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.
Sitepu, Y. S., Februati Trimurni, & Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Radio Komunitas Desa (RKD) di Kabupaten Deli Serdang . Jurnal SOLMA, 12(3), 1100–1109. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13103
Sihombing, M., Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Laia, H. A. M., & Buulolo, E. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 227-235.
Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.
Sirait, R. T. M., Ginting, M., & Suryani, W. (2024). Dynamic pricing and consumer inertia: An empirical analysis. Journal of Innovation in Business and Economics, 8(02).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evi Enitari Napitupulu, Rachel Mia Lbn. Toruan, Dhefany, Epifania Buulolo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











.png)