PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MAHASISWA BARU MELALUI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Mega Ulva Sari Sihombing Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Evi Enitari Napitupulu Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hilda Syaf’aini Harefa Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Stephen Boy Harefa Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.6098

Keywords:

komunikasi pemasaran, Promosi, Integrated Marketing Communication

Abstract

Dunia pendidikan saat ini semakin pesat menggunakan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih sehingga berpengaruh terhadap berbagai aspek, diantaranya aspek pemasaran dibidang Pendidikan. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh para pelaku dunia pendidikan khususnya USM-Indonesia tidak cukup hanya fasilitas atau jasa pengajar yang berkualitas melainkan persaingan uang kuliah yang relavan namun membutuhkan proses komunikasi yang efektif guna membentuk hubungan yang baik antara karyawan dan dosen khususnya calon mahasiswa ataupun orang tua dari mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia). Strategi Komunikasi Pemasaran dapat membantu meningkatkan  jumlah mahasiswa baru melalui media promosi online. Dengan menggunakan metode kualitatif secara deskriptif Pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara mendalam dan studi kepustakaan serta dikumentasi dengan rujukan Teori Integrated Marketing Communication. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pihak universitas yaitu pemasaran online, pemasaran langsung baik secara pribadi maupun melali kelompok dan relasi lingkungan. Integrated Marketing Communications baik secara efektif dapat meningkatkan jumlah mahasiswa melalui instagram dan tiktok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambar Lukitaningsih. (2013). Perkembangan Konsep Pemasaran : Implementasi. Jurnal MAKSIPRENEUR. file:///C:/Users/dia/AppData/Local/Temp/85-212-2-PB.pdf

Dewa, C. B. . & S. L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 65–70.

Grace, M., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books. Pascal Books. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973

Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Luga, N., Gulo, N. H., & Harefa, S. B. (2023). Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Sebagai Pembangunan Nasional. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 218-226.

Hutabarat, E. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor suzuki satria fu pada pt. sunindo varia motor gemilang medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), 112–121.

Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.

Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.

Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.

Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.

Sitepu, Y. S., Februati Trimurni, & Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Radio Komunitas Desa (RKD) di Kabupaten Deli Serdang . Jurnal SOLMA, 12(3), 1100–1109. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13103

Sihombing, M., Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Laia, H. A. M., & Buulolo, E. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 227-235.

Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.

Downloads

Published

2025-08-01