PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH DI PT ASURANSI RAMAYANA MEDAN

Authors

  • Evi Enitari Napitupulu Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rachel Mia L Lbn. Toruan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Nurhawati Simamora Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Joses Setiawan Loi Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v8i2.6097

Keywords:

Peran Public Relations, Public Relations, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dikantor PT Asuransi Ramayana Medan yang bergerak dibidang asuransi kerugian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Peran  Public Relations dalam mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT Asuransi Ramayana Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus ,menggunakan Teori Excelence In Public Relations . Sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder.  Sumber data primer dihasilkan berdasarkan hasil wawancara mendalam dengan 7 (Tujuh) orang informan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Pjs. Kabag Marketing Public Relations, Kabag Teknik ( Sekaligus Selaku Kepala Penerbitan Polis ). Data sekunder didapatkan berdasarkan jurnal, internet, buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan dengan mendatangi lokasi terlebih dahulu dan melakukan pengamatan terhadap fenomena. Wawancara dilakukan dengan terstruktur dan sesuai pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian bersifat Studi Kasus. Bedasarkan hasil penelitian yang menunjukan bahwa Public Relations PT Asuransi Ramayana berhasil mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT Asuransi Ramayana Medan. Hal ini Dapat kita lihat pada hasil wawancara dengan para nasabah yang hasilnya dapat diketahui dari pelayanan yang baik, fast respon serta tanggung jawab yang diberikan oleh Ramayana Membuat Nasabah senang, nyaman dan positif, yang pada akhirnya memperkuat loyalitas mereka terhadap perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi:CV Jejak

Bachri, N. (2018). Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Aceh: CV Sefa Bumi Persada

Cangara, H.H (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Faules, F, D., Pace,W,R (2015). Komunikasi Organisasi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Sidoarjo: Umsida Press

Ishaq, E. R (2015). Kuliah Public Relations Pengantar & Praktik. Kediri: Stain Kediri Press

Morrisan, (2018). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenada Media Group

Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musi, S. Dkk (2022). Penulisan Kreatif Public Relations. Makassar: PT Nas Media Indonesia

Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Purba, B., Dkk (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Yayasan kita menulis

Rochmaniah, A., Dharma, A.F., Utomo, B.D (2021). Buku Ajar Dasar-Dasar Public Relations. Sidoarjo:Umsida Press

Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: PT Scopindo Media Pustaka

Sura, I.W & Sudilah, I.W (2015).Publik Relations untuk smk pariwisata akomodasi perhotelan. Malang: Media Nusa Creative

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Warsito, C. (2021). Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami. Purwokwerto: Stain Press

Jurnal:

Harianja, A. D. H., Fauzi, I., & Aziz, A. (2021). Public Relation Dan Reputasi Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Dengan Image Sebagai Variabel Mediasi. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 1(2), 74-85.

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104-114.

Nilamsari, N., & Bianda, V. A. (2020). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 273-282.

Saraswati, A., & Prihadini, D. (2020). Analisis Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Sofyan Hotel (Studi Deskriptif Pada Sofyan Hotel Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat). LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 54-60

Sari, G. G., & Hardianti, G. (2021). Implementasi Excellence Public Relations dalam Pengelolaan Konflik oleh Energi Mega Persada Bentu Limited. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 67-78.

Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.

Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.

Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.

Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.

Web:

https://gerry05.blogspot.com/2019/03/teori-excellence-dalam-public-relations.html Diakses 26 maret 2024

https://asuransiramayana.co.id/

Downloads

Published

2025-07-28