PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH DI PT ASURANSI RAMAYANA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v8i2.6097Keywords:
Peran Public Relations, Public Relations, Loyalitas NasabahAbstract
Penelitian ini dilakukan dikantor PT Asuransi Ramayana Medan yang bergerak dibidang asuransi kerugian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Peran Public Relations dalam mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT Asuransi Ramayana Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus ,menggunakan Teori Excelence In Public Relations . Sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Sumber data primer dihasilkan berdasarkan hasil wawancara mendalam dengan 7 (Tujuh) orang informan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Pjs. Kabag Marketing Public Relations, Kabag Teknik ( Sekaligus Selaku Kepala Penerbitan Polis ). Data sekunder didapatkan berdasarkan jurnal, internet, buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan dengan mendatangi lokasi terlebih dahulu dan melakukan pengamatan terhadap fenomena. Wawancara dilakukan dengan terstruktur dan sesuai pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian bersifat Studi Kasus. Bedasarkan hasil penelitian yang menunjukan bahwa Public Relations PT Asuransi Ramayana berhasil mempertahankan Loyalitas Nasabah di PT Asuransi Ramayana Medan. Hal ini Dapat kita lihat pada hasil wawancara dengan para nasabah yang hasilnya dapat diketahui dari pelayanan yang baik, fast respon serta tanggung jawab yang diberikan oleh Ramayana Membuat Nasabah senang, nyaman dan positif, yang pada akhirnya memperkuat loyalitas mereka terhadap perusahaan.
Downloads
References
Buku:
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi:CV Jejak
Bachri, N. (2018). Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Aceh: CV Sefa Bumi Persada
Cangara, H.H (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Faules, F, D., Pace,W,R (2015). Komunikasi Organisasi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi. Sidoarjo: Umsida Press
Ishaq, E. R (2015). Kuliah Public Relations Pengantar & Praktik. Kediri: Stain Kediri Press
Morrisan, (2018). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenada Media Group
Mulyana, D. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Musi, S. Dkk (2022). Penulisan Kreatif Public Relations. Makassar: PT Nas Media Indonesia
Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Purba, B., Dkk (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Yayasan kita menulis
Rochmaniah, A., Dharma, A.F., Utomo, B.D (2021). Buku Ajar Dasar-Dasar Public Relations. Sidoarjo:Umsida Press
Silviani, I. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: PT Scopindo Media Pustaka
Sura, I.W & Sudilah, I.W (2015).Publik Relations untuk smk pariwisata akomodasi perhotelan. Malang: Media Nusa Creative
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Warsito, C. (2021). Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami. Purwokwerto: Stain Press
Jurnal:
Harianja, A. D. H., Fauzi, I., & Aziz, A. (2021). Public Relation Dan Reputasi Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Dengan Image Sebagai Variabel Mediasi. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 1(2), 74-85.
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104-114.
Nilamsari, N., & Bianda, V. A. (2020). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), 273-282.
Saraswati, A., & Prihadini, D. (2020). Analisis Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Sofyan Hotel (Studi Deskriptif Pada Sofyan Hotel Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat). LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 54-60
Sari, G. G., & Hardianti, G. (2021). Implementasi Excellence Public Relations dalam Pengelolaan Konflik oleh Energi Mega Persada Bentu Limited. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 67-78.
Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.
Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).
Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.
Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.
Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.
NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta
Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.
Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.
Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.
Web:
https://gerry05.blogspot.com/2019/03/teori-excellence-dalam-public-relations.html Diakses 26 maret 2024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Evi Enitari Napitupulu, Rachel Mia L Lbn. Toruan, Nurhawati Simamora, Joses Setiawan Loi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











.png)