GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALU SEPULUH-A DALAM MENINGKATKAN BRANDING DESA MELALUI LOMBA PERPUSTAKAAN DESA TERBAIK DI DELI SERDANG
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v10i2.6436Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Branding, PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya komunikasi Kepala Desa Dalu Sepuluh-A dalam meningkatkan branding desa melalui lomba perpustakaan terbaik di Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi organisasi dan Pemasaran dalam meningkatkan kemajuan Desa Dalu Sepuluh-A melalui kegiatan lomba tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan cara wawancara mendalam kepada Kepala Desa Dalu Sepuluh-A dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh bapak sugianto selaku Kepala Desa didaerah tersebut merujuk pada gaya kepemimpinan yang demokratif sehingga pegawai disana dapat dengan semangat dalam mempersiapkan lomba perpustakaan terbaik se-Deli Serdang dan tidak lupa dibantu oleh mahasiswa KKN Literasi dari Perpusnas Indonesia dengan berbagai bersiapan dan pengetahuan mengenai literasi maka desa dalu sepuluh-A mendapatkan penghargaan sebagai Perpustakaan terbaik dengan piagam penghargaan Harapan II. Kepemimpinan Kepala Desa yang dinilai terbuka sangatlah membantu masyarakat sekitar dalam membentuk niat membaca sembari menunggu keperluan di Kepala Desa sehingga setiap pengunjung tidak bosan dan bapak sugianto juga selaku Kepala Desa di daerah tersebut membutuhkan masukan dari berbagai masyarakat untuk dapat meningkatkan branding desa meraka mengenai setiap rencana kegiatan yang diadakan di Deli Serdang. Hasil dari Branding yang dilakukan kepala desa tersebut yaitu Desa Dalu Sepuluh-A mendapat Juara Harapan II dengan Kategori Perpustakaan Desa Terbaik.
Downloads
References
Agung, A., & dkk. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru PAI di Sekolah.Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 400-411.
Haber, S.H., David, M., Kennedy., & Krasner, S.D. (1997). Brothers under the Skin: Diplomatic History and International Relations. International Security, 22(1), 34-43 at p.43. DOI:10.1162/isec.22.1.34
Hakim, T. (2004). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara
Hutapea, L. (2016). Gaya Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Desa Cinta Rakyat KeKepala Desaan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Al-Balagh, 1(1), 126-137. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/balagh/issue/view/77
Lumbantoruan, Rachel Mia Lorenza, et al. "Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial di PT. Mandiri Express." Jurnal Abdimas Mutiara 6.1 (2025): 356-361.Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mahanani, P.A.R. (2014). Media Sosial dan Gaya Komunikasi: Jurnal Komunikator, 6(1), 60. http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/issue/view/43
Mazaya, M., Setiabudi, D., & Santosa, H.P. (2013). Pengaruh Gaya Komunikasi dan Kualitas Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Nasabah PT. Bank BNI Syariah Cabang Semarang). Jurnal Interaksi Online, 1(4). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi- online/article/view/3591
Miles & Huberman. (Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi). (2009). Analisis Data Kualitatif (terjemahan). Jakarta: Penerbit UI Press.
Mulyono. (2011). Strategi Pembelajaran: Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN Malang Pers.
Napitupulu, Evi Enitari, et al. "STRATEGI PEMASARAN KAIN SONGKET (ULOS) TUMTUMAN DIKALANGAN PENENUN SONGKET MEDAN." JURNAL MUTIARA MANAJEMEN 10.1 (2025): 35-42.
Napitupulu, Evi Enitari, Rachel Mia L. Lbn Toruan, and Martha Sihombing. "Pengaruh Digital Branding Terhadap Minat Kunjung Pada Pelanggan D’raja Coffee." Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi 8.2 (2024): 149-160.
Setyanto, Y. (2011). Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi di Kementerian Pertahanan. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara, 3(1).
Sucia, V.(2016). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru, Komuniti. VIII (2), p-ISSN: 2087- 085X, e-ISSN: 2549-5623. DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2942
Sudarman, A. (2018). Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 39-58. DOI :10.15575/cjik.v2i1.5056
Sihombing, Mega Ulva Sari, et al. "Peran Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Mahasiswa Baru Melalui Media Promosi Universitas Sari Mutiara Indonesia." Jurnal Mutiara Manajemen 9.1 (2024): 139-145.
Sugihartono, (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Syah, M. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syah, M.(2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Teviana, T. (2011). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Intern terhadap Efektivitas Kerja Pegawai pada RS. Estomihi Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis Program Studi Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan, 3(3).
Tohirin. (2009). Psikologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Toruan, Rachel Mia Lbn, et al. "THE CREATIVE ECONOMY OF ULOS IN THE LUMBAN SUHI SUHI COMMUNITY ON SAMOSIR ISLAND." Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) 1.4 (2024): 1039-1045.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anugerah Zebua, Nuhawati Simamora, Evi Enitari Napitupulu, Nia Stefani Tamba, Alwin Steven Gea

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











.png)