ANALISIS PENGUKURAN DAN PENILAIAN PELAYANAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN STIKES IMELDA MEDAN

Authors

  • Shinta Nofita Sari Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hilda Syaf’aini Harefa Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • April Eliyus Duha Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rosalina Ginting Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

pengukuran, pelayanan informasi, perppustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi efektivitas pelayanan informasi yang diberikan oleh perpustakaan di STIKes Imelda Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode LibQUAL+TM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan informasi di perpustakaan STIKes Imelda Medan sudah dapat memenuhi harapan minimum pemustaka, dilihat dari koleksi yang cukup lengkap dan fasilitas yang memadai, namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti sikap pustakawan dalam menanggapi pemustaka yang sedang membutuhkan informasi dan aksesibilitas informasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Cronin, J.J., & Taylor, S.A. (1992). Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal of Marketing, 56(3), 55-68.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kurniawan, Agus. (2020). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi Offset.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., & Berry, L.L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12-40.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2019). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.

Wijayanto, Didik. (2017). Statistik untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zeithaml, V.A., Bitner, M.J., & Gremler, D.D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 7th Edition. New York: McGraw-Hill.

Yulianti, Anisa, & Wahyudi, Tri. (2021). Evaluasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis SERVQUAL. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 12(1), 1-15.

Yin, Robert K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. 6th Edition. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Downloads

Published

2021-05-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>