STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
Keywords:
Strategi Promosi, Sosial Media, Perpustakaan Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi promosi perpustakaan melalui media sosial di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, studi ini meneliti bagaimana perpustakaan memanfaatkan platform media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat promosi untuk meningkatkan visibilitas dan penggunaan layanan perpustakaan. Perpustakaan UMSU aktif menggunakan berbagai fitur Instagram seperti Instagram Story, Live Instagram, dan polling untuk membangun komunikasi dengan pemustaka dan mempromosikan layanan perpustakaan. Dengan lebih dari 5.000 pengikut dan 968 postingan, akun Instagram perpustakaan berhasil menciptakan engagement yang baik dengan pemustaka melalui konten informatif dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi digital ini efektif dalam membangun citra positif perpustakaan dan meningkatkan interaksi dengan pemustaka. Studi ini menekankan pentingnya inovasi dalam layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi untuk menghadapi tantangan era digital dan memenuhi kebutuhan pemustaka modern.
Downloads
References
Coleman, L. J., Chandler, K., & Gu, J. (2013). Social media--a moving target. Journal of Marketing(2013). Social media--a moving target. Journal of Marketing Development and Competitiveness, 7(1), 73–77.
Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, V(2), 77–84.
Iryanti, Y. S. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Twitter Di Perpustakaan Hukum Daniel S.Lev : Library Promotion Using Social Media Twitter At. Journal Of Library and Information Science, 9(2), 128–143. https://doi.org/10.17509/edulib.v9i2.17763
Mustofa. (2017). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial : Best Practice. Jurnal Publish, Vol.1, No.(2), 21–29
Pratiwi, Noer Sati Heru. 2009. Kegiatan promosi. Surakarta: Universitas sebelas maret
Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia tentang Perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007.
Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. The Messenger, Vol.III, No.1