PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG HOAX PADA MASYARAKAT KOTA MEDAN

Authors

  • Kerisman Halawa Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Sarah Imelda Putri Harefa Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rosalina Ginting Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Literasi Digital, Kemampuan Tentang Hoax

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengetahuan tentang hoax pada Masyarakat Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini merupakan masyarakat Kota Medan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Instrument, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Hipotesis dan Uji Koefisien Determinasi (R2) dengan menggunakan program SPSS Version 24 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengetahuan tentang hoax pada masyarakat Kota Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeline, Ignatia Mariae. 2018. Pengaruh Literasi Medai digital Terhadap Tingkat Pengetahuan Mengenai Hoaks Pada Digital Natives dan Digital Immigrants Di Kota Bandung. Skripsi. Tangerang : Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Multimedia Nusantara

Alevizou, P. 2007. Beyond Technology : Children’s Leraning In The Age of Digital Culture. Children Society. Vol. 22 No.1

Azwar,S. 2007. Sikap Manuasia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bashori, K. 2018. Pendidikan Politik di Era Disrupsi. Sukma : Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. 2

Bawden. 2001. Information And Digital Literacy : A New Of Concepts. Journal of Documentation. Vol. 572 No. 2

Beccary. 2012. Tingkatan Pengetahuan. Diakses dari http://anakdankeluarga.blog.com. Pada Tanggal 01 September 2021

Belshaw, Dougglas A.J. 2011. What Is Digital Literacy? A Pragmatic Investigation. Disertation. United Kingdom : Departeman of Education, Durham University

Donsu, Jenita D.T. 2017. Psikologi Keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Fadil, Putra. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Diakses dari http://satriodamarpanuluh.blogspot.com/2011/06/faktor-faktor-yangmempengaruhi.html. pada tanggal 01 September 2021

Fauzi & Marhamah. 2021. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pencegahan Informasi Hoaks Pada Remaja di SMA Negeri 7 Kota Lhokseumawe. Jurnal Perkommas. Vol. 6 No. 2

Gilster, Paul. 1997. Digital Literacy. New York : Wiley Computer Pub.

Harley, David. 2008. Common Hoaxes and Chain Letters. San Diego : ESET,LLC

Herawati,D.M. 2016. Penyebaran Hoax dan Hate Speech Sebagai Represntasi Kebebasan Berpendapat. Promedia. Vol. 1 No. 1

Hobbs, Renee. 2010. Digital and Media Literacy : A Plan of Action. New York : Aspen Institute

Ikhsan,Arfan,dkk. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Bandung : Citapustaka Media

Indrawan, Rully & Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan campuran Untuk Manajemen Pembangunan & Pendidikan. Bandung : Refika Aditama

Jenkins, H. 2009. Confronting The Challenges of Participatory Culture : Media Education for The 21st Century. Cambridge : The MIT Press

Kasperek,S. dan Messersmith, B. 2015. The Library That Cried Wolf : Outcomes of a Banned Book Hoax on Facebook. Pennsylvania Libraries : Research & Practice. Vol. 3 No. 1

Kominfo. 2017. Ini Cara Mengatasi Berita “Hoax” di Dunia Maya. https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media. Diakses 01 September 2021

Marhamah, F. 2020. Digital Literacy And Cyberbullying Behavior of Youths in Iinstagram. Komunike. Vol. 12 Vol. 2

Marwan, M. Ravii. 2018. Analisis Penyebaran Berita Hoax di Indonesia. Jurnal Indonesia. Vol. 1 No. 1

Mubasyaroh. 2017. Melawan Hoax di Media Sosial dan Media Massa

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta

Potter, W.J. 2018. Medai Liteeracy. New York : Sage Publications

Pratiwi,N., dan Pritanova,N. 2017. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Semantik. Vol. 6 No.1

Prihryo, R. 2018. Aktivitas Diskominfo Provinsi Jawa Timur dalam Menangkal Hoax dan SARA melalui Literasi Digital

Raharja, Tirta. 2020. Strategi Penanggulangan Informasi Hoax Di Media Sosial Oleh Unit Cyber Crime Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar : Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Makassar

Retnowati, Y. 2015. Urgensi Literasi Media Untuk Remaja Sebagai Panduan Mengkritisi Media Sosial.

Rosid, Abdul. (2011). Tingkatan Pengetahuan. Diakses dari http://abdulrosidsmkn1cipu.blogspot.com/2011/02/tingkatantingkatan.htmlpada tanggal 01 September 2021

Silverman, Craig. 2015. Lies, Damn, Lies and Viral Conten. Journalism : A Tow/Knight Report

Siyoto, Sandu & Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing

Social, W.A. 2020. Hootsuite, Digital Data Indonesia 2020. Data Reportal

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis & Disertasi. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan. Yogyakarta : Andi Offset

Thoman, E. dan Jolss, T. 2008. Literacy For The 21st Century An Overview, Orientasi Guide To Media Literacy Education Part I : Theory CML Medialit KitTM A Framework for Learning and Teaching in A Media Age Developed and Written

UNESCO. 2011. Digital Literacy In Educatiom. In IITE Policy Brief. http://unesdoc.unesco.org/images/0021/002144/214485e.pdf2 diakses 7 September 2021

Walsh, Lynda. 2007. Sins Against Science : The Scientific Media Hoaxes of Poe, Twain, and Others. New York : State University of New York Press

Downloads

Published

2020-05-03