IMPLEMENTASI SLiMS DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 MEDAN
Keywords:
Implementasi SLiMS, Perpustakaan SekolahAbstract
Perpustakaan sebagai pusat informasi memiliki peranan penting dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah. Implementasi Sistem Layanan Informasi Manajemen Perpustakaan (SLiMS) di Perpustakaan SMA Negeri 1 Medan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan perpustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk mengevaluasi penerapan SLiMS, serta dampaknya terhadap pengelolaan dan layanan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SLiMS telah berhasil meningkatkan pengelolaan koleksi, mempercepat proses peminjaman dan pengembalian buku, serta mempermudah akses informasi bagi siswa dan staf. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan pelatihan bagi petugas perpustakaan dan kebutuhan infrastruktur teknologi yang lebih baik. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perlunya pelatihan lanjutan bagi petugas, peningkatan infrastruktur teknologi, dan sosialisasi penggunaan SLiMS kepada pengguna perpustakaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan panduan bagi perpustakaan sekolah lain dalam mengimplementasikan sistem manajemen perpustakaan yang efektif.
Downloads
References
Ali, M., & Ridwan, M. (2018). Implementasi SLiMS dalam Pengelolaan Perpustakaan Sekolah: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 12-20.
Azwar, M. (2013). Membangun Sistem Operasi Otomasi Perpustakaan dengan SenayaN Library Management System(SLiMS). Jurnal Ilmu Perpustakaan & Informasi KHIZANAH AL-HIKMAH, 1 (1), 19-33.
Bintari, B., Rismayeti, R., & Latiar, H. (2021). Analisis Subjek Koleksi Perpustakaan Di UPT Perpustakaan Universitas Lancang Kuning. Info bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 2(2), 171-184. https://doi.org/10.24036/ib.v2i2.186
Cahyono, T. Y. (2015). Perpustakaan sebagai Wahana Berbagai Ilmu Pengetahuan. Lib.Um.Ac.id, 1-3. https://lib.um.ac.id/wpcontent/uploads/2017/07/Perpustakaan-Sebagai-Wahana-Berbagai-Ilmu-Pengetahuan.pdf
Enal. (2018). Analisis sistem katalogisasi bahan pustaka di perpustakaan patria artha Makasar. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR.
Ermawelis, E. (2018). Teknologi Informasi untuk Perpustakaan, Pusat Dokumentasi dan Informasi. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1, 11-18. https://doi.org//10.31227//osf.io/wtncz
Moha, I. & Sudrajat, D. (2019).Resume Ragan Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz
Murjoko, M. (2019). Pemanfaatan Katalog Daring Bagi Pemustaka Uin Sulthan Thana Saifuddin. AL Maktabah, 4(2), 74-79. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/almakhatbah/article/view/2512
Pranoto, H. M. (2017). Katalogisasi. Bimtek, 1-28. http://pp.ktpfip.unp.ac.id/?p=36
Prasetyo, A. (2020). Evaluasi Implementasi SLiMS pada Perpustakaan Perguruan Tinggi: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Informasi, 5(1), 30-40.
Purnomo, E., & Arifin, Z. (2021). Pengoptimalan Perpustakaan Sekolah SMP Batik Program Khusus Surakarta melalui Aplikasi SLiMS. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 6(2), 274. https://doi.org/10.30829/jipi.v6i2.9527
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.