ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN STIKES SITI HAJAR MEDAN
Keywords:
komunikasi interpersonal, pemustaka, pustakawanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh pustakawan di Perpustakaan STIKes Siti Hajar Medan dalam memberikan layanan informasi kepada pemustaka. Komunikasi interpersonal yang efektif dianggap penting untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pemustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara mendalam kepada pustakawan dan pemustaka sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan di Perpustakaan STIKes Siti Hajar Medan telah menerapkan prinsip-prinsip komunikasi interpersonal, seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, kejelasan dan keseteraan. Namun, masih terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya pelatihan dalam teknik komunikasi dan keterbatasan waktu dalam melayani pemustaka yang dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi.
Downloads
References
Berger, C. R., & Calabrese, R. J. (1975). Some explorations in initial interaction and beyond: Toward a developmental theory of interpersonal communication. Human Communication Research, 1(2), 99-112.
Knapp, M. L., & Vangelisti, A. L. (2005). Interpersonal Communication and Human Relationships. Allyn & Bacon.
McLean, A. (2005). The Art of Successful Communication. Oxford University Press.
Widuri, N. R. (2012). Pameran, Media Komunikasi Antara Perpustakaan Dengan Pengguna. JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 28(2), 120- 126.
Wood, J. T. (2009). Communication in Our Lives. Wadsworth Publishing.
Wrench, J. S., Thomas-Maddox, C., & McCroskey, J. C. (2008). Principles of Public Speaking. Pearson Education.