PENGARUH IKLAN POP-UP SHOPEE PADA YOUTUBE TERHADAP SIKAP KHALAYAK

Authors

  • Non Ika Sembiring Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Iklan Pop-up, Sikap khalayak, Kognitif, Efektif, Konatif

Abstract

Perkembangan media turut ambil bagian dalam penyebaran informasi khususnya dalam periklanan yang digunankan oleh perusahaan, salah satunya adalah beriklan pada situs youtube. Salah satu perusahaan pengguna youtube sebagai media periklanan adalah Shopee. Dengan menggunakan format iklan pop-up shopee berupa video yang muncul secara tiba-tiba dilayar ketika mengakses video. Penggunaan iklan pop-up shopee pada youtube dapat mempengaruhi khususnya sikap khalayak dalam mengakses situs YouTube. Dalam penelitian ini iklan video Shopee yang dijadikan iklan pop-up shopee adalah iklan yang bertemakan youtube terhadap sikap khalayak pada bulan Agustus-oktober 2016. Berdasarkan tampilan data statistik pada youtobe, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh iklan pop-up Shopee versi pada youtube terhadap sikap khalayak. Komponen sikap khalayak yang diteliti dalam penelitian ini adalah komponen kognitif, efektif, dan konatif. Penelitian ini menggunakan deskriftif  yang bersifat kausal. Teknik sampling yang digunakan adalah insidental sampling sebanyak 100 responden melalui penyebaran kosioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah regresi sederhana dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan persentase tanggapan terhadap iklan pop-up shopee versi youtube sebesar 71,21%,sedangkan pada sikap khalayak 67,55%. Variabel komponen audiovisional ikalan pop-up versi youtube memiliki pengaruh sebesar 57,55%. Sehingga dapat pengaruh yang cukup tinggi terhadap sikap khalayak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexa Top Site. (2016). Top sites In Indonesia. Diakses dari http://www.alexa.com/topsites/countrie s/ID pada tanggal 3 September 2016 pukul 10.15

Bungin, Burhan. 2009: Pornomedia: Sosiologi Media, Komunikasi Sosial, Teknologi Informatika, KebudayaanSeks di Media Massa. Bandung: Prenada Media Group.

EMarketer dalam Kominfo, Wicak. (2014). Pengguna Internet Indonesia NomorEnam Dunia. Diakses dari https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam dunia/0/sorotan_media

Gemiharto, I., Abdullah A., Puspitasari, L.,2017, Kajian Kritis Tayangan Televisi Favorit Kelas Menengah Perkotaan, Jurnal ProTVF Volume 1Nomor 1 diakses melaluihttp://jurnal.unpad.ac.id/protvf/article /view/13329

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hia, N., & Gulo, T. J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Telukdalam. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), 110-116.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Kriyantono, Rachmat. 2009: Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta Kencana Prenada Media Group. Lee Monle & Carla Johnson, 2011: Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Morissan. 2010: Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2000: Consumer behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran Jilid 1. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Rakhmat, Jalaludin, 2003: Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ronauli, M., Wahyudin, U., Elita, F.U., Mirawati, I., 2016, HUBUNGAN ANTARA PESAN KAMPANYE 9 AKSI RAMAH LINGKUNGAN DI AKUN TWITTER EARTH HOUR BANDUNG DENGAN SIKAP FOLLOWERS AKTIF TERHADAP GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN, diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen- komunikasi/article/view/11017/4924

Sandra Moriarty, William Wells, John Burnett, & May Lwin. 2007: Advertising. Singapura: Pearson Education South Asia.

Sandra Moriarty, dkk. 2011: Advertising. Jakarta: Kencana.

Sari, S. N., Sos, S., Hia, N., & Kom, S. (2021). GAYA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN PADA PENGGUNA PADA TAMAN BACAAN MASYARAKAN LITERASI SOSIAL. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(1), 191-201.

Sihombing, M. U. S., & Halawa, M. R. (2021). Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru di SMP Markus Medan). JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2), 261-270.

Simamora, Nurhawati & Saragih, Florencia. 2021. Analisa Proses Produksi Program Siaran Berita Di Lpp (Lembaga Penyiaran Publik) Rri (Radio Republik Indonesia) Medan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pendengar. JURNAL TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 3(2).

Sekaran, Uma. 2007: Research Methods for business Edisi 4 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, Nugroho 2003: Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiadi, Nugroho 2008: Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Similarweb. (2017). Digital Marketing Intelligence and Website Trafic. Diakses dari https://www.similarweb.com/

Socialblade. (2016). Youtube Statistic Channel. diakses dari https://socialblade.com

Statistik YouTube. (2016). YouTube Statistic. Diakses dari https://www.YouTube.com/yt/press/id/s tatistics.html

Sugiyono. 2009: Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2011: Statistka Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015: Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi.Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Yasundari. (2016). HUBUNGANPENGGUNAAN INSTAGRAMDENGAN MOTIVASI WIRAUSAHAPEBISNIS DARING (ONLINE)DALAM MENINGKATKANPRODUKTIVITAS. Diakses darihttp://journal.unpad.ac.id/jkk/article/viewFile/7737/pdf

YouTube. (2016). Format Iklan PadaYouTube. Diakses darihttps://support.google.com/youtube/answer/2467968?hl=id

https://www.Shopee.com/about

Downloads

Published

2021-05-03