PENGARUH IKLAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOKOPEDIA PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Non Ika Sembiring Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Iklan, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Tokopedia

Abstract

 Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui pengaruh iklan dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna Tokopedia yang tinggal di wilayah Medan dengan minimal melakukan transaksi pembelian 3 kali dalam setahun terakhir. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 97 responden dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan secara online menggunakan Google Drive dan disebar melalui media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji R2 dengan alat bantu SPSS 25.0. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi dimana Y = 12,788 + 0,470 X1 + 0,876 X2, dari persamaan regresi diketahui bahwa iklan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2= 0,731, yang artinya naik turunnya variabel keputusan pembelian, dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu iklan dan kualitas pelayanan sebesar 73,1%, sedangkan sisanya 26,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziky, A., & Masreviastuti. (2018). Pengaruh Periklanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee.co.id. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(3),193–196. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.222

Bisnis.tempo. (2020). Bukalapak dan JDID, E-Commerce 2019 Paling Banyak Dikomplai.

Bisnis.Tempo, 2019–2020. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1295124/bukalapak-dan-jdid-e-commerce-2019-palingbanyak-dikomplain/full&view=ok

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Katrin, I. L., Setyorini, D. H. ., & Masharyono. (2016). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Javana Bistro Bandung. Gastronomy Tourism Journal, 3(1), 246–254.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Mahkota, A. P., Suryadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1–7. Retrievedfromadministrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Merdeka.com. (2019). Mayoritas Kue E-commerce Masih Dinikmati Masyarakat Jabodetabek. Merdeka.Com. Retrieved from https://www.merdeka.com/uang/mayoritas-kue-e-commerce-masih-dinikmatimasyarakat-jabodetabek.html

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

Nawangsari, S., & Pramesti, W. N. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia.com). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(3), 385–394. https://doi.org/10.31843/jmbi.v4i3

Rizam, M. I. (2017). Pengaruh Kepercayaan dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online di Tokopedia Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area. Universitas Medan Area.

Setiyaningrum, A., & Hidayat, H. (2016). Service quality dan kepuasan konsumen : studi empiris dan implikasinya pada toko online. Jurnal Ilmiah Manajemen, VI(2), 247– 260.

Tjiptono, F. (2013). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2020-11-19