HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN GAYA HIDUP MAHASISWA UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Non Ika Sembiring Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

konsep diri, gaya hidup

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui adanya hubungan antara konsep diri dengan gaya hidup mahasiswa 2) mengetahui tingkat konsep diri yang dimiliki mahasiswa 3) mengetahui tingkat gaya hidup yang dimiliki mahasiswa. Penelitian ini berdasarkan pada kondisi konsep diri dan gaya hidup yang tidak ideal pada mahasiswa Universitas Sari Mutiara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sari Mutiara yang berjumlah 5.103 sehingga sampel yang diambil berjumlah 326 mahasiswa, menggunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Pengumpulan data menggunakan skala konsep diri dan skala gaya hidup mahasiswa. Uji validitas menggunakan validitas uji konstruk melalui expert judment dan validitas uji empiris. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach’s. Uji normalitas data menunjukan kedua variabel memiliki distribusi normal, yaitu dengan nilai signifikansi 0,591 > 0,05. Untuk uji linearitas menunjukan kedua variabel linear, yaitu dengan nilai signifikansi 0,218 > 0,05. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan, 1) Terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan gaya hidup mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0.221. 2) tingkat konsep diri pada mahasiswa Universitas Sari Mutiara masuk dalam kategori sedang sebanyak 181 dengan prosentase 55,52. Konsep diri dengan kategori sedang ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pandangan yang positif tentang keadaan dirinya, interaksi dengan lingkungan sekitar, mampu melakukan evaluasi terhadap apa yang dilakukan serta memiliki pandangan yang cukup baik mengenai identitas dirinya dan nilai-nilai yang diyakininya. 3) tingkat gaya hidup pada mahasiswa Universitas Sari Mutiara  masuk dalam kategori sedang sebanyak 188 mahasiswa dengan prosentase 57,66. Gaya hidup mahasiswa dengan kategori sedang menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pandangan yang positif tentang diri sendiri, keadaan sosial, pendidikan, barang, budaya, masa depan, serta mahasiswa juga memiliki perilaku yang cukup positif dalam hal melakukan aktivitas yang positif di kampus, melakukan suatu hal positif yang disukai, melakukan kegiatan sosial, mencari hiburan yang positif di luar kampus, menjadi anggota dari suatu komunitas, tidak berbelanja di luar kebutuhan dan melakukan aktivitas olahraga.

Kata Kunci : konsep diri, gaya hidup

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Fitriyani,

N., Widodo, P.B. & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip Volume 12 No 1 Hal 55-68.

Gunawan, N. E. (2020). When offense and mutual forgiveness collide yearly in indonesia: A qualitative study during Eid alFitr. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 1(1).

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hikmawati, Fenti. (2011). Bimbingan konseling (Edisi revisi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Masmuadi, A. & Aliza, M. (2007). Hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan gaya hidup hedonis pada remaja. Naskah Publikasi. Pontania,

A.R. (2016).Hubungan antara konsep diri dengan gaya hidup hedonis pada Siswa SMA Negeri 4. Naskah Publikas.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:, 14, 10-20.

Downloads

Published

2019-12-08