PENGARUH EKSTRAK DAUN IPOMOEA BATATAS L. TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PADA RATTUS NORVEGICUS

Authors

  • Suharyanisa Suharyanisa Program Studi S1 Farmasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Manahan Situmorang Program Studi S1 Farmasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Dumartina Hutauruk Program Studi S1 Farmasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Ekstrak Daun Ubi Jalar Ungu, Penyembuhan Luka

Abstract

Obat tradisional saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak menimbulkan efek samping dan salah satu tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional adalah ubi jalar ungu (Ipomoea Batatas L) dari famili Convolvulaceae. Luka sayat adalah jenis luka yang disebabkan oleh benda tajam seperti pisau. Daun ubi jalar ungu diekstraksi dengan cara maserasi dengan etanol 96%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun ubi jalar ungu terhadap penyembuhan luka sayat pada punggung tikus putih jantan. Penelitian ini menggunakan ekstrak daun ubi jalar ungu menggunakan 24 hewan uji dengan 4 kelompok perlakuan yaitu tidak ada luka sebagai kontrol negatif (-), Povidone-iodine 10% sebagai kontrol positif (+), salep ekstrak daun ubi jalar ungu 200 mg ( 20%) dan salep ekstrak daun ubi jalar ungu 400mg (40%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak daun ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L) dapat mempercepat penyembuhan luka sayat pada tikus putih (Rattus norvegicus) dengan dosis paling efektif 400 mg (40%). Efektivitas salep ekstrak daun ubi jalar ungu terhadap penyembuhan luka pada tikus putih, data dianalisis secara deskriptif dengan melihat tidak adanya eritema, pembengkakan, dan penutupan luka pada sayatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kenta, Yunlis S. dkk. 2019 “Uji Ekstrak Daun Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Tikus Putih” Vol 15 No 1 (2018): Farmakologika Jurnal Farmasi. P ISSN: 1907-7378: e ISSN: 2559-1558.

Paju dkk. 2013. “Uji Efektivitas Salep Ekstrak Daun Binahong (Anredera

Khaerani, 2010. “Uji Aktivitas Infusa Daun Ubi Jalar (Ipomea batatas L) Terhadap Peningkatan Trombosit Mencit (Mus Musculus). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/3752. Diakses 13 Juni 2020 pukul 10.00.

Berman, Audrey. 2009. Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis Edisi Kelima. EGC : Jakarta.

Depkes RI, 1997. FarmakopeIndonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan.

Frederick, 2003. Wound Healing Studies In Human Volunteers, (http://www.woundcare.org/news. html).

Gunawan, D dan Mulyani S. 2004. Ilmu Obat Alam. Penebar Swadaya : Jakarta.

Suprapto AK. 2012. Efek Salep Ekstrak Metanoldan Salep Serbuk Daun Sosor Bebek (Kalanchoe pinnata (Lamk))Terhadap Penyembuhan Luka Sayat Pada Mencit (Karya Tulis Ilmiah). Bandung: Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha.

Downloads

Published

2022-02-24

Most read articles by the same author(s)