KESENJANGAN HAK DAN KEWAJIBAN GURU PAUD DENGAN GURU NON PAUD
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesenjangan hak dan kewajiban guru PAUD dengan Guru non PAUD. Metode penelitian dengan pendekatan studi kasus (case study) dengan sampel kelompok guru PAUD dan guru non PAUD di Desa Sidodadi berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket terbuka dan tertutup serta wawancara terhadap beberapa narasumber. Berdasarkan hasil penelitian terdapat adanya kesenjangan hak dan kewajiban dari sisi materi dan tuntutan guru PAUD dan guru non PAUD. Hak-hak Guru dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan mendapatkan gaji, promosi karir, rasa nyaman dan aman, bebas dalam berasosiasi, andil dalam penentuan kebijakan pendidikan, pengembangan kualitas, dan pengembangan profesi keguruan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Christiani, Martha. 2012. Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. PGPAUD FIP UNY. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012
Hijriati. 2016. Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Salman Al-Farisi 1 Yogyakarta. Tesis Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) UIN Sunan Kalijaga http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php diakses pada tanggal 13 Desember 2018 Pukul 20.16
https://www.merdeka.com/peristiwa/kemendikbud-genjot-program-satu-desa- satu-paud.html diakses pada tanggal 16 Desember 2018 pukul 12.40
Shabir, Muhammad U. 2015. KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 221-232
Ulfah, Maulidya. 2016. Upaya merancang paud di masa depan untuk mengatasi problematika yang kompeks. Jurnal PAUD.
UNDANG-UNDANG REPBULIK INDONESIA NO.14 TAHUN 2005 Tentang Guru dan Dosen
Yuslam, dkk. 2017. Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifik Akademik Sarjana PGPAUD Dan NonPG-PAUD di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol.3 No.2 2017 P-ISSN: 2477-4189 E-ISSN: 2477-4715