KESENJANGAN HAK DAN KEWAJIBAN GURU PAUD DENGAN GURU NON PAUD

Main Article Content

Rahmi Wardah Ningsih
Niken Farida
Hilma Mithalia Shalihat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesenjangan hak dan kewajiban guru PAUD dengan Guru non PAUD. Metode penelitian dengan pendekatan studi kasus (case study) dengan sampel kelompok guru PAUD dan guru non PAUD di Desa Sidodadi berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket terbuka dan tertutup serta wawancara terhadap beberapa narasumber. Berdasarkan hasil penelitian terdapat adanya kesenjangan hak dan kewajiban dari sisi materi dan tuntutan guru PAUD dan guru non PAUD. Hak-hak Guru dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan mendapatkan gaji, promosi karir, rasa nyaman dan aman, bebas dalam berasosiasi, andil dalam penentuan kebijakan pendidikan, pengembangan kualitas, dan pengembangan profesi keguruan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ningsih, R. W., Farida, N., & Shalihat, S. (2023). KESENJANGAN HAK DAN KEWAJIBAN GURU PAUD DENGAN GURU NON PAUD. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3857
Section
Articles

References

Christiani, Martha. 2012. Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. PGPAUD FIP UNY. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012

Hijriati. 2016. Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Salman Al-Farisi 1 Yogyakarta. Tesis Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) UIN Sunan Kalijaga http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php diakses pada tanggal 13 Desember 2018 Pukul 20.16

https://www.merdeka.com/peristiwa/kemendikbud-genjot-program-satu-desa- satu-paud.html diakses pada tanggal 16 Desember 2018 pukul 12.40

Shabir, Muhammad U. 2015. KEDUDUKAN GURU SEBAGAI PENDIDIK: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 221-232

Ulfah, Maulidya. 2016. Upaya merancang paud di masa depan untuk mengatasi problematika yang kompeks. Jurnal PAUD.

UNDANG-UNDANG REPBULIK INDONESIA NO.14 TAHUN 2005 Tentang Guru dan Dosen

Yuslam, dkk. 2017. Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifik Akademik Sarjana PGPAUD Dan NonPG-PAUD di PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol.3 No.2 2017 P-ISSN: 2477-4189 E-ISSN: 2477-4715