PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SWASTA HARAPAN IBU T.A 2022/2023

Main Article Content

Hilma Mithalia Shalihat
Rahmi Wardah Ningsih
Widya Viola Tambunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di TK Swasta Harapan Ibu. Jenis penelitian ini adalah jenis eksperimen. Metode penelitian yang  digunakan adalah pre-experimental dengan design One-Group pretest- posttest Design. Teknik Samping yang digunakan yaitu total sampling dimana jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu 12 anak usia 4-5 tahun di TK Swasta Harapan Ibu Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan Dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh data sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi 0,072 (0,000 < 0,072) yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikasikan antara hasil pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh yang Signifikan Pengaruh Media Huruf Terhap Kemampuan membaca permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Swasta Harapan Ibu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Shalihat, H. M., Ningsih, R. W., & Tambunan, W. V. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SWASTA HARAPAN IBU T.A 2022/2023. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 5–10. https://doi.org/10.51544/sentra.v3i1.4746
Section
Articles

References

Morrison, George S (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini Edisi 13 (penerj Yudi Santoso). Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Mulyani, Novi. 2016. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kla Imedia

Sudarna. 2014. Pendidikan anak Usia Dini Berkarakter.Yogyakarta:Genius

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan PengembanganAnakUsia Taman Kanakkanak. Jakarta: Gramedia

Hairudin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. DIVA Press: Yogyakarta.

Holilingsworth, Pat 2005. Pembelajaran Aktif. PT. Indeks. Jakarta.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. UNY Pers: Yogyakarta.

Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo: Bandung.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, Hendry. 2002. Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berhitung. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta

Suartini, I. A. Kmg. 2014. “Pengaruh Moddel Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD”. Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidika Ganesha. Volume 2, No. 1

Astuti, S.(2016).Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok A