PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Article Content

Niken Farida
Elvindy Harefa

Abstract

Tujuan dilakukannya yaitu mengetahui Pengaruh Media Busy Book Terhadap Motorik Halus Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi-eksperimental design. Sampelnya adalah  34 anak kelas B dipilih menggunakan porposive sampling kemudian daya dianalisis menggunakan statistic SPSS 29. Pada kelas eksperimen hasil yang diperoleh pretest rata-rata perkembangan motorik halus anak 11. 1782 (45%), posttest hasil yang diperoleh  rata-rata 16.6435 (70%). Sedangkan kelas kontrol diperoleh hasil pretest dengan rata-rata 11.3565 dengan presentase 38% sedangkan pada posttest yaitu rata-rata 15.1782 dengan presentase 58% yang artinya perkembangan motorik halus anak di kelas eksperimen terjadi peningkatan setelah dilakukan perlakuan dibandingkan kelas control. Hasil uji hipotesis sample t-test yaitu 2-tailed 0,001 ˂0,05. Kesimpulan terdapat pengaruh media busy book terhadap motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Farida, N., & Harefa, E. (2024). PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–21. https://doi.org/10.51544/sentra.v3i1.5259
Section
Articles

References

Khadijah (2012). Pendidikan Anak Usia Dini (PAU), Jurnal Pendidikan

Kartono Kartina (1995: 83). perkembangan Motorik halus Anak Usia Dini, jurnal pendidikan Anak 3(8), 61

Astati (1995: 4). Pengertian Motorik Halus, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Volume 5, nomor 1, Maret 2016

Lubans dkk, (2018). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak, Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Romadhona, Widhyas Asyifa, dkk. (2017). Mengurangi Perilaku Maladaptif Melalui Pembelajaran Berbantuan Media My Busy Book Pada Anak Autisme. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(8).

Indriyani, M. (2019). Identifikasi perkembangan motorik halus anak TK kelompok B balecatur gamping sleman yogyakarta. Jurnal Pendidikan AnakUsia Dini, 5(5), 1–129.

Romadhona, Widhyas Asyifa, dkk. (2017). Mengurangi Perilaku Maladaptif Melalui Pembelajaran Berbantuan Media My Busy Book Pada Anak Autisme. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(8).

Astini, B. N., Nurhasanah, Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (Ape) Dalam Mengembangka Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31–40

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, R. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D. ALFABETA, BANDUNG.

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Wisudayanti, K. A. (2020). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1),59

Wijana D Widarmi, Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini , Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008). h. 1.6