Analisis Pengembangan Kurikulum Berbasis Teologi Dan Kebudayaan Pada Program Studi Pariwisata Budaya Dan Keagamaan – Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Main Article Content

Robert J.T Sitio Sitio
Yulia K.S Sitepu
Tio R.J Nadeak
Mery Silalahi
Denata Rajagukguk

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kesesuaian materi dan sebaran mata kuliah yang terdapat pada Kurikulum Program Studi (Prodi) Pariwisata Budaya dan Keagamaan (PBK) - IAKN Tarutung berbasis Teologi dan Kebudayaan. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dan kuantitatif diperoleh dari beberapa evaluasi yang dilakukan, pendapat dari ahli kurikulum, serta evaluasi kurikulum yang telah dikembangkan dalam instrumen kuesioner. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kualitas Kurikulum Prodi PBK – IAKN Tarutung apakah mampu mewujudkan program atau rencana pembelajaran yang terdiri dari isi dan materi pelajaran yang terstruktur, terprogram dan terencana dengan baik yang berkaitan dengan visi dan misi Prodi tersebut. Berdasarkan hasil analisis, kurikulum Prodi PBK – IAKN Tarutung ini memiliki tingkat relevansi atau keterkaitan dengan Teologi dan Kebudayaan dalam kategori cukup sehingga Kurikulumnya masih perlu dikembangkan agar mencapai kategori sangat baik dengan persentase nilai (81% < skor < 100%).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sitio, R. J. S., Sitepu, Y. K., Nadeak, T. R., Silalahi, M., & Rajagukguk, D. (2022). Analisis Pengembangan Kurikulum Berbasis Teologi Dan Kebudayaan Pada Program Studi Pariwisata Budaya Dan Keagamaan – Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 7(2), 122–133. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i2.3389
Section
Artikel

References

Ahmad, dkk, 1998. Pengembangan Kurikulum. Pustaka Setia: Bandung.

E. Mulyasa.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana. 2011. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Galen, Saylor J. (1954), Design of The Curriculum, Review of Educational Research, Volume: 24 issue: 3, hal. 204-213 https://doi.org/10.3102/00346543024003204 .

S. Nasution,(2003) Asas-Asas Kurikulum, Jakarta Bumi Aksara.

Lioyd, Trump, J. (1977): How The Project Evolved and Developed , Sage Journals Volume 61 Issue 412, hal.11-4. https://doi.org/10.1177/019263657706141201 .

Rabbani, Aletheia (2021): Penngertian Kurikulum, Konsep, Komponen, Manfaat, Jenis, dan Perkembangannya. https://www.sosial79.com/2021/07/pengertian-kurikulum-konsep-komponen.html.