Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia adalah jurnal yang menggunakan peer-review. Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) yang menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus-kasus penelitian dan pelanggaran publikasi.  Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak  yang terlibat dalam tindakan menerbitkan artikel dalam jurnal ini,termasuk penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Editorial, peer-reviewer­­­­­ dan penerbit (Fakultas Ilmu Pendidkan  Universitas Sari Mutiara Indonesia). Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia didedikasikan untuk mengikuti praktik-praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan.Pencegahan malpraktik publikasi adalah salah satu tanggung jawab penting dewan editorial.Segala bentuk perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarism dalam bentuk apa pun.

Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia mengadaptasi COPE untuk memenuhi standar etika berkualitas tinggi untuk penerbit, editor, penulis, dan reviewer. Sebagai masalah penting, etika publikasi perlu dijelaskan dengan jelas untuk meningkatkan kualitas penelitian di seluruh dunia.Pada bagian ini, kami menjelaskan standar untuk editor, penulis, dan reviewer. Penerbit tidak berhak untuk mengganggu integritas konten dan hanya mendukung untuk menerbitkan secara tepat waktu.