DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR SISWA DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SEKOLAH DASAR SWASTA DHARMA WANITA MEDAN
Main Article Content
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada materi volume kubus dan balok kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada materi volume kubus dan balok. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Swata Dharma Wanita JL. Melati Raya 2 Medan. Dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 orang dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakanyaitu angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Kesulitan belajar pada materi volume kubus dan balok siswa kelas V SD Swasta Dharma Wanita Medan terletak pada kesulitan keterampilan, dan kesulitan pemecahan masalah. (2) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada materi volume kubus dan balok siswa kelas V SD swasta Dharma Wanita Medan adalah faktor motivasi belajar dan minat belajar yang masih berkriteria cukup.
Downloads
Article Details
References
Agus Taufiq, Hera L. Mikrasa dan Puji L. Prianto. 2013. Pendidikan Anak di SD. Banten: Indonesia.
Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Anas Sudijono, 2014. Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perdana.
Mohammad Syarif Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhammedi dkk. 2017. Psikologi Belajar. Medan: Palarispa Indonesia.
Muhibbin Syah. 2017. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rohmalina Wahab. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2017. Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.