PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
This research is based on the background that in integrated thematic learning, teachers have not involved students in linking learning with the real world of students. The purpose of this study is to describe the integrated thematic learning process with the Problem Based Learning model. The method used is classroom action research with qualitative and quantitative approaches. The results showed that the integrated thematic learning process increased after treatment was given from 78.57% to 96.42%.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Eliyasni, R., Anita, Y., & Hanafi, A. S. (2020). PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1655
Section
Artikel
References
Amir, T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Faisal. (2014). Sukses Mengenal Kuriklum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.
Gunarto. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Terpadu Model Connected Pada Pokok Bahasan Garis Dan Sudut Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Publikasi Pendidikan. Magistra No. 81 Th. XXIV September 2012. ISSN 0215-9511.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV. Jakarta: Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidkan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Majid, Abdul.(2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mardi, Indra. (2016). Peningkatan kegiatan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan scientific di kelas IV SD. Jurnal Pelangi (Vol 8 Nomor 1), 55-74.
Masnur, Muslich. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasir, M., Wagino, & Pasaribu, M. (2017). Peningkatan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Alat Ukur Mekanik Menggunakan Model Problem Based Learning. Journal Inovasi, Vokasional, Dan Teknologi, 17(02), 53–60.
Purwanto.2013. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Rusman. (2015). Model model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sani. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Putra, J., Maulia, K. R., & Afini, N. (2018). Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–5.
Suharsimi, Arikunto, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Faisal. (2014). Sukses Mengenal Kuriklum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.
Gunarto. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Terpadu Model Connected Pada Pokok Bahasan Garis Dan Sudut Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 2 Delanggu Kabupaten Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Publikasi Pendidikan. Magistra No. 81 Th. XXIV September 2012. ISSN 0215-9511.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV. Jakarta: Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidkan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Majid, Abdul.(2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mardi, Indra. (2016). Peningkatan kegiatan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan scientific di kelas IV SD. Jurnal Pelangi (Vol 8 Nomor 1), 55-74.
Masnur, Muslich. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasir, M., Wagino, & Pasaribu, M. (2017). Peningkatan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Alat Ukur Mekanik Menggunakan Model Problem Based Learning. Journal Inovasi, Vokasional, Dan Teknologi, 17(02), 53–60.
Purwanto.2013. Evaluasi hasil belajar.Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Rusman. (2015). Model model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sani. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Putra, J., Maulia, K. R., & Afini, N. (2018). Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–5.
Suharsimi, Arikunto, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.