MANAJEMEN KEUANGAN RUMAH TANGGA PADA PERKUMPULAN MARGA “PARTUPPUAN PURBA PAKON BORUNI” DESA SIRPANG SIGODANG, KECAMATAN PANEI, KABUPATEN SIMALUNGUN MANAJEMEN KEUANGAN RUMAH TANGGA PADA PERKUMPULAN MARGA “PARTUPPUAN PURBA PAKON BORUNI” DESA SIRPANG SIGODANG, KECAMATAN PANEI, KABUPATEN SIMALUNGUN

Main Article Content

Rosanna Purba

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi mengenai arti pentingnya manajemen keuangan rumah tangga. Manajemen keuangan rumah tangga penting karena dalam menjalankan fungsinya sebagai keluarga terdapat kebutuhan hidup yang harus dipenuhi demi tercapai kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga. Penghasilan rumah tangga sebaiknya dapat dikelola secermat dan sebaik mungkin agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan pengeluran tidak melebihi penghasilan keluarga.
Manajemen keuangan dikembangkan dengan menggunakan unsur pokok manajemen yang dirumuskan oleh Manullang (2004). Adapun unsur pokok tersebut akan disederhanakan menjadi 4 unsur untuk digunakan sebagai langkah dalam melakukan manajemen keuangan rumah tangga. Langkah yang dimaksud adalah perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian (4P). Langkah perencanaan keuangan dilakukan dengan membuat anggaran penerimaan dan pengeluaran. Langkah pelaksanaan pengelolaan keuangan dengan membuat sistem amplop, sistem buku kas, sistem kas keluarga, dan sistem kas harian, menabung secara teratur. Langkah pengawasan pengelolaan keuangan melaksanakan pengelolaan keuangan berdasarkan perencanaan keuangan (anggaran) yang telah dibuat. Langkah penilaian pengelolaan keuangan merupakan tahap evaluasi terhadap 3 langkah sebelumnya dan selanjutnya akan dilakukan perbaikan di masa yang akan datang terhadap kekurangan yang ditemukan. Secara umum empat langkah manajemen keuangan ini belum dilakukan oleh peserta di perkumpulan marga â€Partuppuan Purba Pakon Boruniâ€. Hal ini terjadi karena dari langkah 1 (perencanaan keuangan) saja sudah sulit untuk dilakukan karena ketidakpastian jumlah penghasilan sebagai petani dan pembuat keranjang maka akan menjadi kendala untuk langkah selanjutnya.
Kata kunci: manajemen keuangan, rumah tangga, 4P

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)