Pengaruh tayangan patroli di indosiar terhadap tindak kriminal yang dilakukan remaja (studi kasus di lembaga pemasyarakatan labuhan ruku kabupaten Batubara)

Main Article Content

Mega Ulva Sari Sihombing
Niscaya Hia

Abstract

Salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi manusia adalah kebutuhan akan informasi. Maraknya aksi kriminalitas membuat acara televisi mengenai berita kriminal semakin banyak di televisi nasional dan televisi lokal. Sejak banyaknya program berita kriminalitas muncul, berbagai dampak positif dan negatif dari masyarakat pun muncul. Pengaruh tayangan berita kriminal cenderung bernampak negatif terhadap masyarakat terutama pada perkembangan remaja yang di anggap bahwa tayangan kekerasan, pelecehan serta bagaimana berjalannya tindakan kriminal yang mereka lakukan dikupas secara mendalam dan lebih terperinci. Sehingga dapat mempengaruhi penonton  untuk mengikuti apa yang dia lihat melalui televisi. Objek dalam penelitian ini adalah Patroli yang di tayangkan di Indosiar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh tayangan Patroli di Indosiar terhadap tindak kriminal yang di lakukan Remaja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan sumber data Primer dan data Skunder.  Sumber data Primer di dapat dari wawancara mendalam dengan Sub bagian Tata Usaha, Staf Registrasi dan Narapidana remaja yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku Kabupaten Batubara. Sedangkan sumber data skunder adalah dokumentasi data pendukung serta foto-foto terkait penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi, dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk mencari dan memperoleh informasi terkait dengan isi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh tayangan patroli di indosiar terhadap tindak kriminal yang dilakukan remaja studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku Kabupaten Batubara, sedangkan faktor penyebab tindak kriminal yang di lakukan  narapidana remaja di Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku Kabupaten Batubara yakni faktor Biologis, Psikologis dan Sosiologis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sihombing, M. U. S., & Hia, N. (2019). Pengaruh tayangan patroli di indosiar terhadap tindak kriminal yang dilakukan remaja (studi kasus di lembaga pemasyarakatan labuhan ruku kabupaten Batubara). JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 2(1), 16–28. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/557
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)