Strategi Komunikasi Pimpinan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Memasuki Akademi Manajemen Informatika Komputer Medan Business Polytechnic Di Kota Medan

  • Niscaya Hia Universitas Sari Mutiara
Keywords: Strategi Komunikasi Pimpinan, Minat Masyarakat, AMIK MBP.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses strategi komunikasi yang dilakukan Pimpinan di lingkungan Akademi Manajemen  Informatika  Komputer   Medan Business  Polytechnic (AMIK MBP) Di Kota Medan, untuk mengetahui intensitas peningkatan minat masyarakat memasuki AMIK MBP di kota Medan dan untuk mengetahui keberhasilan strategi komunikasi pimpinan dalam meningkatkan minat masyarakat memasuki  AMIK MBP di kota Medan.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan menggunakan Pendekatan Kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah orang yang mengetahui langsung tentang kampus AMIK MBP yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi dari data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan Model Analisis interaktif Miles dan Huberman. Penelitian ini dilaksanakan mulai April- Agustus 2016.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses strategi komunikasi yang dilakukan pimpinan di lingkungan AMIK MBP sebagai sasaran komunikasi yang dituju adalah siswa kelas XII SMA, SMK atau yang sederajat. Saluran komunikasi yang digunakan melalui brosur, baliho, kunjungan langsung ke sekolah-sekolah  dan AMIK MBP juga memiliki website. Isi pesan yang di sampaikan oleh AMIK MBP dalam strategi komunikasi yang dilakukan Pimpinan adalah memotivasi, memperkenalkan dan  mengajak calon mahasiswa untuk kuliah di AMIK MBP, menginformasikan beasiswa dan diskon-diskon uang kuliah. Intensitas peningkatan minat masyarakat memasuki AMIK MBP terjadi penurunan selama 3 tahun terakhir. Faktor internal yang membuat mahasiswa memilih AMIK MBP dikarenakan keinginan belajar dan untuk mendapatkan gelar sehingga untuk mencari pekerjaan akan lebih mudah. Faktor eksternal yang membuat mahasiswa memilih AMIK MBP adalah informasi dari alumni-alumni tentang bagusnya AMIK MBP, bujukan dari keluarga, uang kuliah yang lumayan terjangkau dan beasiswa yang disediakan oleh kampus. Keberhasilan strategi komunikasi pimpinan dalam meningkatkan minat masyarakat memasuki AMIK MBP kurang berhasil dikarenakan strategi yang dilakukan kurang menarik, banyaknya kampus yang sejenis buka di daerah-daerah sehingga persaingan semakin ketat dan juga akreditasi AMIK MBP khususnya jurusan Teknik Informatika masih C. AMIK MBP harus mengelola kurikulum yang berisikan desain pembelajaran mahasiswa yang dirasionalkan, pengelolaan infrastruktur, laboratorium dan layanan  administrasi sehingga menciptakan suasana akademik yang bermakna dengan adanya situasi yang menyenangkan dan menarik untuk melaksanakan kegiatan akademik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-17