Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan EMMC Pada Handphone Vivo Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Main Article Content

Muhammad Dwi Galih Rizki
Riah Ukur Ginting
Dini M. Hutagalung
Rianto Sitanggang

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan bagaimana merancang suatu sistem pakar yang berbasis komputer untuk mendeteksi kerusakan EMMC pada Hanphone Vivo secara cepat dan akurat. Terbatasnya jumlah pakar yang dapat memahami dalam memperbaiki EMMC akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengidentifikasi kerusakan EMMC pada Handphone Vivo. Dengan metode Certainty Factor menentukan kerusakan yang menyedikan solusi-solusi yang spesifik. Yang merupakan salah satu cabang dari Artificial Intellident yang membuat pengguna secara luas pengetahuan yang khusus untuk penyelesaian masalah tingkat manusia yang pakar dalam bidang tertentu dari metode Certainty Factor yang menentukan hasil penelitian di lapangan. Maka dihasilkanlah sebuah sistem yang dapat mengidentifikasi kerusakan EMMC pada Handphone Vivo dengan menggunakan metode Certainty Factor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Galih Rizki, M. D., Ginting, R. U., Hutagalung, D. M., & Sitanggang, R. (2020). Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan EMMC Pada Handphone Vivo Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 5(2), 26–34. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v5i2.1640
Section
Artikel

References

Muhammad Arhami, 2015, Konsep Dasar Sistem Pakar, Yogyakarta: (Penerbit Andi)
T Sutojo, S.Si.., M.Kom.., Edy Mulyanto, S.Si.., M.Kom.., Dr.Vincent Suhartono, 2011, Kecerdasa Buatan.Yogyakarta: (Penerbit Andi).
Wahana Komputer, 2009, Panduan Aplikasi Dan Solusi (PAS) Membangun Aplikasi Dengan Visual Basic 2008, Yogyakarta: (Penerbit Andi).
Rahmat Priyanto, 2009, Langsung Bisa Visual Basic.Net 2008. Bandung: ANDI.
Harip Santoso. 2010. Membangun Aplikasi Web Menggunakan Vb.Net/Asp.Net Andi, Jakarta.
Kusrini, 2008, Aplikasi Ssistem Pakar, Edisi I,
Andi,Yogyakarta.
Marlina., Ikbal., 2016, Implementasi Metode Certainty Factor pada Unggas, Jurnal TIKA No 2 Vol 1, hal 48-63.
Gaung Rimba Putra Dirgantara., Suprapto., & Bayu rahayudi, 2018, Implementasi Metode Certainty factor Pada Identifikasi Kerusakan Kendaraan Bermotor Roda Dua, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu komputer, Vol.2, No,6 hlm,2046 – 2050.
Jogiyanto. (2009). Analisa & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kurniawan Yahya, 2005. Vb Script, Pt Elex Media Komputindo. Jakarta
Connolly, Thomas and Carolyn Begg. (2009). Database System: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, 4th Edition. Addison Wesley: Harlow, Englan

Most read articles by the same author(s)