PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @USM.INDONESIA TERHADAP MINAT PARTISIPASI DALAM KEGIATAN KAMPUS DI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.51544/tekesnos.v7i1.6137Keywords:
Instagram, Minat Partisipatif, Kegiatan KampusAbstract
Media sosial telah menjadi fenomena global yang mengubah cara manusia berkomunikasi dan berinteraksi. Menurut laporan We Are Social dan Hootsuite tahun 2023, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 191 juta, dengan Instagram menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh anak muda. Hal ini menunjukkan bahwa Instagram memiliki potensi besar sebagai media komunikasi yang efektif, termasuk di lingkungan pendidikan tinggi. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan dan pembentukan karakter mahasiswa juga mulai memanfaatkan media sosial untuk berbagai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh media sosial instagram @usm.indonesia terhadap minat partisipasi dalam kegiatan kampus di Universitas Sari Mutiara Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 15.439 orang mahasiswa. Pengumpulan data yang dilakukan ialah penyebaran kuesioner kepada 100 sampel dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis table Tunggal, analisis table silang dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media sosial Instagram @usm.indonesia terhadap minat partisipasi dalam kegiatan kampus di Universitas Sari Mutiara Indonesia sebesar 0,664 dengan kekuatan determinasi sebesar 44,1%. Sisanya yakni sebesar 55,9% diluar dari variabel ini.
Downloads
References
Andreas Kaplan and Michael Haenlein (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons.
Astin, A. W. (1984). Student Involvement: A Developmental Theory for Higher Education. Journal of College Student Personnel, 25, 297-308.
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.
Boyd, Danah M., & Ellison, N. B. (2007). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship.
Andreas Kaplan and Michael Haenlein (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons.
Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Luga, N., Gulo, N. H., & Harefa, S. B. (2023). Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Sebagai Pembangunan Nasional. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 218-226.
Kim, A. J., & Ko, E. (2012). Do social media marketing activities enhance customer equity? An empirical study of luxury fashion brand. Journal of Business Research, 65(10), 1480–1486. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2011.10.014
Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.
Lumbantoruan, R., Napitupulu, E., & Zebua, A. (2024). Gaya Komunikasi Seorang Pemimpin Dalam Memotivasi Para Dosen Untuk Melakukan Tridarma. Jurnal Visi Komunikasi, 23(01), 31 - 41. doi:http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v23i01.23565
Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).
Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.
Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.
Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.
Napitupulu, E. E., Lumbantoruan, R. M. L., Simanjuntak, O. D. P., Simamora, N., & Luga, N. (2024). PELATIHAN TEKNIK NEGOSIASI DALAM ORGANISASI DI KOMISI KEPEMUDAAN KEUSKUPAN AGUNG MEDAN. Tour Abdimas Journal, 3(2), 103-108.
Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.
Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.
Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., Sihombing, M. U. S., Famaugu, E., & Bidaya, M. S. (2024). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Di PT. Mitra Sejati Rezeki. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 6(1), 180-190.
Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Sihombing, M. (2024). Pengaruh Digital Branding Terhadap Minat Kunjung Pada Pelanggan D’raja Coffee. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 8(2), 149-160.
Pempek, T.A., Yermolayeva, Y.A. and Calvert, S.L. (2009) College Students’ Social Networking Experiences on Facebook. Journal of Applied Developmental Psychology, 30, 227-238. http://dx.doi.org/10.1016/j.appdev.2008.12.010
Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sihombing, M., Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Laia, H. A. M., & Buulolo, E. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 227-235.
Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.
Simamora, N., Toruan, R. M. L. L., Sihombing, M. U. S., & Sazelika, N. (2023). Gaya Komunikasi Dosen dalam Proses Pembelajaran di Prodi Komunikasi Universitas Sari Mutiara. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(2), 404-413.
Simamora, N., Toruan, R. M. L. L., Luga, N., Pandiangan, R., & Laia, Y. (2024). Sosialisasi tentang Pentingnya Peran Komunikasi dalam Membangun Hubungan di Masyarakat. Jurnal Abdimas Mutiara, 5(1), 360-368.
Sitepu, Y. S., Februati Trimurni, & Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Radio Komunitas Desa (RKD) di Kabupaten Deli Serdang . Jurnal SOLMA, 12(3), 1100–1109. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13103
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta.
Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.
Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Simamora, N., & Telaumbanua, D. M. H. (2023). Strategi Komunikasi Dalam Proses Negosiasi Penandatangan Kuasa Di Kantor Hukum Rolando Marpaung & Partners. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(2), 389-396.
Toruan, R. M. L. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Etika Pelanggan Dalam Memberikan Respone Terhadap Penyajian Makanan Di Hub D'raja Coffee. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(2), 381-388.
Toruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Simamora, N., Sihombing, M. U. S., & Bohalima, S. (2025). Pelatihan Membaca dan Menulis Naskah Berita pada Siswa/i di SMA Negeri 5 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 6(1), 56-61.










