PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN KOMUNIKASI (Studi Deskriptif Tentang Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Komunikasi Guru Di SMP Markus Medan)

Authors

  • Mega Ulva Sari Sihombing Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mental Rius Halawa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Pandemi Covid-19, Perubahan Komunikasi

Abstract

Pandemi  Covid-19  yang  melanda  Indonesia  selama  kurang  lebih  2  tahun  menyebabkan  ternyadinya  fenomena  di  berbagai  bidang. Fenomena  tersebut  salah  satunya  adalah  perubahan  komunikasi  di kalangan  guru  dalam  menjalankan  tugas  di  sekolah. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  Pandemi  Covid-19  terhadap  Perubahan  Komunikasi  Guru  di  SMP  Markus  Medan. Metode penelitian yang digunakan  adalah metode kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 25. Sampel  dalam  penelitian  ini  berjumlah  20  orang  dengan  menggunakan  teknik  pengambilan  data  dalam  bentuk  sampling  jenuh. Data  yang  digunakan  adalah  data  primer, dan  pemilihan  sampel  menggunakan  Non  - Probability  sampling. Instrumen  penelitian  ini  menggunakan  kuesioner  dan  diuji  dengan  uji  validitas  dan  reliabilitas  atas  pernyataan  setiap  variabel.  Hasil  pengujian  menunjukkan  bahwa  nilai  korelasi  rxy = 0,947. Hubungan rxy = 0,947  berdasarkan analisis koefisien korelasi hubungan tersebut merupakan hubungan kategori sangat kuat. Hasil uji hipotesis diketahui nilai t hitung = 12,489 >  nilai t tabel  = 2,100. Hasil koefisien determinasi juga menunjukkan bahwa Pandemi  Covid-19  berpengaruh  terhadap  komunikasi  Guru  di  SMP  Markus  Medan sebesar 89,7 % sisanya 10,3 % dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Artinya, komunikasi  guru  di  SMP   Markus  Medan  mengalami  perubahan  yang  signifikan  atau  sangat  tidak  efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun Mustaryida, Erni Munastiwi. (2021). “Problematika Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Era Pandemi”. Jurnal dan Konseling Islam, Volume 4; ( 1-14).
Anwar Hidayat. (2002). Pengertian Data Penelitian, Skala Data Dan Sumber Data. https://www.statistikian.com/2012/10/pengertian-data.html. Diakses 25 Juni 2021.
Cangara. 2014. Perencanaan & strategi komunikasi. Depok : PT Raja Grafindo Persada
Ghozali, I. 2007. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Edisi Kelima. Universitas Diponegoro : Semarang.
Humaizi. 2018. Uses and Gratifications Theory. Medan : USU Press 2018.
Istirani dan Intan Pulungan. 2019. Ensiklopedia Pendidikan. Medan : Media Persada.
Kajianpustaka. (2019). “Pengertian Tipe Komunikasi”. https://www.kajianpustaka.com/2019/07/pengertian-tipe-dan jenis-gaya- komunikasi.html. Diakses 17 Maret 2021.
Mulyana Dedy. 2010 Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat Jallaludin dan Ibrahim Idi Subandy. 2017. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Repository, Unair. “Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif”. http://repository.unpas.ac.id/32800/4/BAB%20III%20revisi%20SUP.pdf. Diakses 18 Maret 2021.
Rita, Komalasari. 2020. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi.Volume VII : (41-48).
Siti Harahap. 2020. Proses Interaksi Sosial di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal AL-HIKMAH : Media Dakwah, Komunikasi, Sosial dan Budaya. Volume 11 ; (47).
Sugiyono. 2019. Edisi kedua. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suryadi Edi, dkk. 2019 Metode penelitian komunikasi dengan pendekatan kuantitatif Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Downloads

Published

2022-03-04