PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK SANTO THOMAS 1 MEDAN

Authors

  • Panni Ance Lumbantobing Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mei Lyna Girsang Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Elsarika Damanik Program Studi D3 Kebidanan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ristaniat Hulu Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/tekesnos.v7i1.6128

Keywords:

Lingkungan Keluarga; Perkembangan Bahasa; Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Santo Thomas 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelompok B TK Santo Thomas 1 Medan yang berjumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner atau angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan SPSS 23 dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian di temukan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak dengan nilai signifikannya sebesar 0,00 < 0,05 dengan nilai thitung  591,364 < ttabel 4,067 maka dapat di simpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Santo Thomas 1 Medan, Kecamatan Helvetia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, (2014), Aplikasi Teori Perkembangan Bahasa Menurut Vygotsky dalam Pendidikan, jurnal menejemen pendidikan islam

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Aisyah, Siti, dkk, Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2016.

Alfu Noor. 2013. Peran Lingkungan Terhadap Optimalisası Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Jurnal Studi Gender Dan Anak Volume 1, No 3.

Amini, M. (2016). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. Tangerang Selatan-Banten: Universitas repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

Andini, Krishna Murti Swasti. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepss dan Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Keluarga pada Perumahan Griya Permata Asri 3. Sanorejo, Kabupaten Sukoharjo. (Online), (http://pasca.uns.ac.id/?p=3969. diakses tanggal 11 November 2013).

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.

Apri Damai Sagita Krissandi, dkk. 2018. Sastra Anak Media Pembelajaran Bahasa Anak: Bakul Buku Indonesia.

Ardilah, N., Husna, A. R., & Supatmi, S. K. (2016) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 41 Mengami-Gresik (Doctorall dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arkam, Rohmad, and Rizki Mustikasari. "Pendidikan anak menurut Syaikh Muhammad Syakir dan relevansinya dengan tujuan pendidikan di Indonesia." Mentari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1.1 (2021).

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Dhieni, Nurbiana, Lara Fridani, and S. Psi M. Psych. "Hakikat Perkembangan Bahasa Anak." Modul Paud diakses pada tanggal 26 (2017).

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartati,2005:1 Anak usia dini. Depdiknas USPN,2004:4 Pendidikan Anak Usia Dini

Hidayat, Y., & Nurlatifah, L. (2023). Analisis komparasi tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini (STPPA) berdasarkan permendikbud no. 137 tahun 2014 dengan permendikbudristek no. 5 tahun 2022. Jurnal Intisabi, 1(1), 29-40.

Hurlock, (2014), Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima, Yogyakarta: Erlangga

Indrawan, I. G. A. M., & Dewi, N. M. A. A. S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 5(2), 100-110.

Marka, S., Mayza, A., & Pujiastuti, H. (2003). Pendidikan Anak Dini Usia Ditinjau Dari Segi Neurologi, Buletin PADU Jurnal Ilmiah Anak Dini Usia ‘Konseptualisasi Sistem & Program PAUD’, Edisi Khusus 2003. Jakarta: Dit. PADU Depdiknas.

Muhammad Fadhilah. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jogyakarta: Ar-Ruzz media.

Putri, Imelda Yunia. Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putri Aisyah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam. Diss. UNIVERSITAS JAMBI, 2020.

Rukajat, Ajat. Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish, 2018.

Santrock, J. W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kecana.

Sari, M., Rachman, H., Astuti, N. J., Afgani, M. W., & Siroj, R. A. (2023). Explanatory survey dalam metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10-16.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumaryanti, Lilis. "Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak." Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman 7.01 (2017): 72-89.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tjahyaningtias, A., Wahono, M. S., Aristiana, P. R., & Sos, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkem Bangan Bahasa Anak Kelompok B Tk Ade Erma Suryani Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan literasi bahasa anak usia dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60.

Downloads

Published

2025-05-27