Pengaruh Model dramatic learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD It quratta’ayun Al-Masri Binjai

Authors

  • Mei Lyna Girsang Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Jheni Yusuf Saragih Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Nitasri Murawaty Girsang Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Keywords:

Model Dramatic Learning, Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Dramatic Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia, materi Cita-citaku Siswa Kelas IV SD Quratta’Ayun Al-Masri Binjai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental). Desain penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimental design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa terdiri dari 1 (satu) kelas yakni kelas IV. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, format penilaian, dan tes. Berdasarkan hasil posttes diperoleh hasil belajar rata-rata sebesar 92,1 sedangkan hasil pretes diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 62,17. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pretest dan postest. Hal ini juga dibuktikan dari hasil perhitungan secara statistik dimana thitung >  ttabel  yaitu 1,0634 > 0,6066 yang sekaligus berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Dramatic Learning terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa IV SD IT Qurata’ Ayun Al Masri Kota Binjai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Dramatic Learning terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada pokok bahasan Cita-citaku di kelas IV SDIT Qurata’ Ayun Al Masri Kota Binjai dengan thitung >  ttabel (6,822 > 2,074).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa Pitriani, Dedi Heryadi, dan Riga Zahara Nurani. (2019). Judul penelitian “Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Penerapan Model Dramatic Learning Kelas IV SD Negeri 4 Tugu Tasikmalaya”.

Bowler dan Oliver, (2009). Functionalism and Grammar. Philadelpia: Jhon Benjamins Publishing.

Chaer, (2014). Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dr. Edi Riadi. Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS. (Yogyakarta, 2016), hlm 115.

Hamalik, (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah, (2009). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Irianto, Jusuf. (2000). Model Sosial Inquiry Dalam Interaksi Belajar Mengajar Sejarah Madani.

Jack C. Richard and Theodore S. Rodgers, (2003). Approaches and Methods in Language Teaching, United States: Cambridge University Press.

Kartono, (2009). Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al Ikhlas.

Kholis, Nur. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan Teknologi. (Alumnus Universitas Negeri Jakarta. Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto.

Muhammad, (2008). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mularsih, (2010). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan. Sumber Belajar”. Jakarta: Penerbit Cerdas Jaya.

Pateda, (2009). Teori Belajar Untuk Pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: P3G Depdikbud.

Rusman, (2012). Model Pembelajaran Kooperatif, Jakarta: Balai Pustaka.

Suprihatiningrum, (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suriasumantri, (2014). Sistem Pengembangan Koskata bahasa Indonesia. Medan: FKIP UMSU.

Sudjana, Nana. (2015). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, Aris. (2013). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syamsuddin dan Vismaia, (2011). Metode Penelitian. Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Karya.

Tarigan, H.G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hermanto. (2016). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabya: Nasional Media.

Ustari, Komang Sri. (2018). Judul penelitian ”Pengaruh Model Pembelajaran Dramatic Learning Berbantuan Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara”.

Widowati, (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan. Jakarta: UI Press.

Yusuf, Syahran. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Verbal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Selesai. Thesis Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Downloads

Published

2023-05-31