PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS SENI DAN DESAIN
DOI:
https://doi.org/10.51544/sentra.v4i2.6326Keywords:
kreativitas, Anak Usia Dini, Seni, DesainAbstract
Latar Belakang: Anak usia dini belajar dengan cara melakukan sesuatu secara langsung, melalui pengalaman meraba, bergerak, melihat, serta mendengarkan. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran perlu disesuaikan dengan karakteristik alami anak dalam mengeksplorasi lingkungannya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui seni dan desain.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan melakukan survei langsung pada anak usia dini. Data yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan kondisi ideal yang seharusnya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan analisis 5W1H untuk memperoleh gambaran nyata mengenai situasi yang terjadi pada anak.
Hasil: Media berbasis seni dan desain interaktif terbukti dapat melibatkan anak secara langsung dalam aktivitas belajar. Melalui pengalaman sederhana, anak dapat dilatih untuk berpikir kreatif dan kritis, misalnya dengan memahami hubungan sebab-akibat serta memicu rasa ingin tahu. Kegiatan ini mendukung perkembangan kreativitas.
Kesimpulan: Perancangan dalam penelitian ini menekankan pentingnya melibatkan seluruh alat indera anak. Melalui pendekatan ini, anak dapat dilatih kemampuan sensoriknya, sekaligus diajarkan memahami hubungan sebab-akibat dari suatu peristiwa, serta mampu mengembangkan kreativitas melalui berbagai bentuk aktivitas yang sesuai dengan tahap perkembangannya.
Downloads
References
Fadhilah, Wan, Tuti Indriyani, and Zukhairina. 2023. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(2):47–59. doi: 10.61104/jd.v1i2.42.
Nurhayati, Hermin, and Nuni Widiarti , Langlang Handayani. 2020. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.
Permata, Risky Ayu. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Basicedu 6(1):1155–68. doi: 10.31004/basicedu.v6i1.1969.
Pitaloka, Deffa Lola, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. 2021. “Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1696–1705. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.972.
Putra, Rizki Aga, Eddy Marheni, Ishak Aziz, and Padli Padli. 2022. “Implementasi Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Usia Dini.” Jurnal Patriot 4(1):69–80. doi: 10.24036/patriot.v4i1.792.
Sartika Ukar, Dewi, Bahran Taib, and Bujuna Alhadad. 2020. “Cahaya Paud ANALISIS KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR.” Dewi Sartika, Bahran Taib.
Sofia, Aja Raihand, Indah Fadillah, Nur Armayani, Sri Indah Lestari, and Khadijah Khadijah. 2022. “Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Anak Usia Dini Di RA Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(3):1415–24.
Studi, Program, Pendidikan Seni, Drama Tari, Dan Musik, Institusi Universitas, and Negeri Makassar. 2024. “MENINGKATKAN RASA KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK SENI TARI DENGAN PBL DI UPT SPF SMPN 26.” 3:198–205.
Yuliani, Ris Dwi, and Mamun Hanif. 2024. “Peran Guru Dalam Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada TK Aisyiyah Muhammadiyah Wangandowo.” 2:158–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zainab alif23

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







.png)