PERAN GURU PAUD DALAM DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK DI TK ISLAM TERPADU BUMI BAHARI
DOI:
https://doi.org/10.51544/sentra.v4i2.6041Keywords:
Deteksi Dini, Guru PAUD, Tumbuh Kembang, Kolaborasi, Keterlibatan orang tuaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru PAUD dalam deteksi dini tumbuh kembang anak usia dini di TK Islam Terpadu Bumi Bahari. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa guru menjalankan peran sebagai pengamat, evaluator, fasilitator, konsultan, advokat, kolaborator, dan edukator. Peran pengamat dan evaluator paling dominan, namun pelaksanaan peran lainnya masih menghadapi kendala seperti keterbatasan alat permainan, rasio guru-anak yang tinggi, serta pemahaman yang belum optimal terhadap alat skrining perkembangan. Kolaborasi dengan layanan kesehatan dan keterlibatan orang tua juga belum merata. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kapasitas guru, sistem dokumentasi yang lebih baik, serta kerja sama lintas sektor untuk mendukung deteksi dini yang efektif dan berkelanjutan
Downloads
References
Aisnaini, Aisyah. 2024. “Implementasi Metode Ummi Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUDQU AI-Ikhlas Kecamatan Ciomas.” FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Asiah, A., N. Risma, W. Azizah, and G. Hasanah. 2024. “Problematika Pengembangan Paud Di Wilayah Pedesaan: Studi Kasus Di Desa Habirau Kandangan.” Early Stage: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.56997/earlystage.v1i4.1508.
Astuti, R. T., and S. S. Pinilih. 2022. “Early Detection of Children Development: A Pilot Study.” Innovation in Health for Society. doi: 10.31603/ihs.8256.
Buno, R. L., and E. C. Callo. 2022. “Parental Involvement towards Management of Learning Development among Primary Learners.” International Journal of Research Publications. doi: 10.47119/ijrp1001061820223713.
Huić, A. 2022. “Children’s Participation Rights in Schools — Teachers’ Beliefs and Practices.” Kultura i Škola. doi: 10.31299/ksi.30.2.1.
Sapitri, Nabilla, Santi Sahtun Sahwal, Dina Satifah, and Najwa Takziyah. 2023. “Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3(1):73–80. doi: 10.31980/caxra.v3i1.2625.
Sofiana, Juni, Hastin Ika Indriyastuti, and Melisha Situmorang. 2022. “Increasing Paud Teachers Knowledge About Childrens Growth Detection with KPSP.” ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2):984–88. doi: 10.35568/abdimas.v4i2.1542.
Srivastava, R. N. 2020. “Early Childhood Care and Education.” Indian Pediatrics. doi: 10.1007/S13312-020-1953-0.
Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif.
Sun, Xiaohan, Haiyan Guo, and Lin Zhao. 2022. “Internet of Things-Based Home Education Interactive System and Parent-Teacher Relationship Cultivation” edited by T. Mandal. Security and Communication Networks 2022:1–10. doi: 10.1155/2022/2582953.
Waldman-Levi, A., A. Bundy, and D. Shai. 2022. “Cognition Mediates Playfulness Development in Early Childhood: A Longitudinal Study of Typically Developing Children.” American Journal of Occupational Therapy. doi: 10.5014/ajot.2022.049120.
Zaatari, W., and I. Maalouf. 2022. “How the Bronfenbrenner Bio-Ecological System Theory Explains the Development of Students’ Sense of Belonging to School?” SAGE Open. doi: 10.1177/21582440221134089.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Andhira Safitri, Zainab Mukaromah, Yumidar Yumidar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







.png)