PENGARUH MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK THERESIA KIDS SCHOOL

Authors

  • Rahmi Wardah Ningsih Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Panni Ance Lumbantobing Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Endang K.S Telaumbanua Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/sentra.v3i1.5249

Keywords:

Media Flipchart, Kemampuan Membaca Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pengaruh media flipchart terhadap kemampuan membaca bagi Anak Usia 5 - 6 tahun di Taman Kanak-Kanak Theresia Kids School Medan dengan penelitian eksperimen dan desain Pra-Experimental One- Group pretest and posttest. Anak-anak kelas B yang berjumlah 21 orang anak yang menjadi sampel penelitian ini yang dipilih dengan teknik total sampling. Data penelitian diolah dengan menggunakan statistik SPSS 26 uji normalitas dan uji hipotesis, serta hasilnya didapatkan rata-rata kemam[uan membaca anak sebesar 11,28 dengan persentase 35% dan mengalami peningkatan pada posttest dengan skor rata-rata  24,61 dengan persentase 77%. Berdasarkan uji hipotesis, hasil analisis paired sample t-test menunjukkan hasil t hitung < t table (Nilai -26,034 < 1.724) menunjukkan nilai signifikan 0,05 < 0,10 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media flipchart terhadap kemampuan membaca anak usia 5 - 6 tahun di TK Theresia Kids School Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augusta. (2012). Pengertian Anak Usia Dini. Http:/Infoini.Com/, 2, 10.

Badru Zaman, dkk. (2010). Media dan Sumber Belajar Tk. Jakarta: Universitas Terbuka, 4–5.

Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta Depdiknas, 121.

Hamdani. (2011). Media Pembelajaran. Galang Tanjung, 2504, 1–9.

Indriana D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pelajaran. Jogjakarta Diva Press, 66.

Khaironi, M. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 02, 82.

Lamb dan Arnold (dalam Rahim). (2017). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Https://Repository.Ump.Ac.Id/6177/3/WINDARTI%20BAB%20II.Pdf, 16.

Mukaromah, Y. H. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flipchart Pada Anak Kelompok B2 TK Islam Terpadu Al Huda Kemudo Prambanan Klaten. Skripsi. Yogyakart: Universitas Negeri Yogyakarta.

N.M. Angria Marsita. (2016). Metode Bercerita Berbantuan Media Flipchart Dapat Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Lisan Pada Anak Tk. 2, 3–12.

Nana Sudjana & A. Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung CV Sinar Baru, 20.

Nurbiana, D. (2009). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta Universitas Terbuka, 5:4.

Permendikbud 137 Tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun. (n.d.). Https://Luk.Staff.Ugm.Ac.Id/Atur/Bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.Pdf.

Rahim Farida. (2007). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Padang Bumi Aksara, 2.

Riza, R. (2017). Teknik Pembuatan Media: Flipchart dan Flashcard. Pada Tanggal 14 Januari.

Shofi. (2008). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Https://Repository.Ump.Ac.Id/6177/3/WINDARTI%20BAB%20II.Pdf, 90.

Slamet Suyanto. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta UNy, 1, 10.

Subana M Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Belajar Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dam Media. Bandung CV Pustaka Setia, 328.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung ALFABETA.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Padang UNP Press, 1, 10.

Undang-Undang(2003). (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2, 20.

Wahyudi. (2018). Pengembangan Media Pembelajatan Flipchart Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Material Al Khulafa’u Ar Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi Muhammad SAW Kelas VII di SMPN 2 Cerme di Kab. Gresik. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wiyani N A. (2012). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: ArRuzz Media, 86.

Yusuf Munawir. (2005). Pendidikan Bagi Anak Dengan Problem Belajar. Jakarta Depdiknas, 134.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Ningsih, R. W., Lumbantobing, P. A., & Telaumbanua, E. K. (2024). PENGARUH MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK THERESIA KIDS SCHOOL. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 28–36. https://doi.org/10.51544/sentra.v3i1.5249