PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN SAINS TERHADAP ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan ini adalah untuk mengetahui perubahan kognitif siswa dengan metode demonstrasi. Penelitian dilakukan pada siswa/siswi PAUD Hello Kids School Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari hasil penelitian disimpulkan : (1) kemampuan kognitif dalam kegiatan sains aud usia 4-6 dengan peningkatan hasil observasi awal dana akhir pada kelas eksperimen, yaitu pada awal 3,425 (SD = 1,37) dan pada akhir 9,675 (SD = 0,831). (2) kemampuan kognitif dalam kegiatan sains anak usia 4-6 dengan peningkatan hasil observasi awal dana akhir pada kelas kontrol, yaitu pada awal 3,25 (SD = 0,039) dan pada akhir 5,5 (SD = 0,05). Pembelajaran sains dengan menggunakann mettode demonnstrasi dapatt meningkatkan kemampuan koggnitif anak yang leebih baik dari pada sains yang tanpa menggunakan metode demonstrasi. Hal ttersebut sesuaii denggan hasil ujji hipotesiss yang diperoleh tthitung > ttabel yaitu 29,67 > 1,7074. Sehinggga dapat dikatakan bahhwa H0 ditolakk dan Ha diterrima. Dinyataakan bahwwa metode ddemonstrasi sangat bberpengaruh terhadapp kemampuann kognitif anak usia dini khususnya usia 5-6 tahun dalam kegiatan sains.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Carol. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mancanan Jaya Cemerlang
Conant. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Djafar. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah. 2006. Penerapan Metode Demonstrasi Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ganesha Singaresa
Jamaris, G. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Prodi PAUD
Moelichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya
Piaget, J. 2009. Metode Perkembangan Kognitif PAUD. Jakarta: UT
Syaodih, E. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prodi PAUD
Suharsimi, Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Witherington. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada
Yulianti. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks