PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN SAINS TERHADAP ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN

Authors

  • Hilma Mithalia Shalihat Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rahmi Wardah Ningsih Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Niken Farida Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/sentra.v3i2.5097

Keywords:

Metode Demonstrasi, Kemampuan Kognitif, Kegiatan Sains Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini adalah untuk mengetahui perubahan kognitif siswa dengan metode demonstrasi. Penelitian dilakukan pada siswa/siswi PAUD Hello Kids School Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari hasil penelitian disimpulkan : (1) kemampuan kognitif dalam kegiatan sains aud usia 4-6 dengan peningkatan hasil observasi awal  dana akhir pada kelas eksperimen, yaitu pada awal 3,425 (SD = 1,37) dan pada akhir 9,675 (SD = 0,831). (2) kemampuan kognitif dalam kegiatan sains anak usia 4-6 dengan peningkatan hasil observasi awal  dana akhir pada kelas kontrol, yaitu pada awal 3,25 (SD = 0,039) dan pada akhir 5,5 (SD = 0,05). Pembelajaran sains dengan menggunakann mettode demonnstrasi dapatt meningkatkan kemampuan koggnitif anak yang leebih baik dari pada sains yang tanpa menggunakan metode demonstrasi. Hal ttersebut sesuaii denggan hasil ujji hipotesiss yang diperoleh tthitung > ttabel yaitu 29,67 > 1,7074. Sehinggga dapat dikatakan bahhwa H0 ditolakk dan Ha diterrima. Dinyataakan bahwwa metode ddemonstrasi sangat bberpengaruh terhadapp kemampuann kognitif anak usia dini khususnya usia 5-6 tahun dalam kegiatan sains.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carol. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Mancanan Jaya Cemerlang

Conant. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djafar. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. 2006. Penerapan Metode Demonstrasi Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ganesha Singaresa

Jamaris, G. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Prodi PAUD

Moelichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Piaget, J. 2009. Metode Perkembangan Kognitif PAUD. Jakarta: UT

Syaodih, E. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prodi PAUD

Suharsimi, Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Witherington. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

Yulianti. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Shalihat, H. M., Ningsih, R. W., & Farida, N. (2024). PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN SAINS TERHADAP ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 17–24. https://doi.org/10.51544/sentra.v3i2.5097