Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi Di Kelas Iv Sd Negeri 064032 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Hartono S ono366@gmail.com

DOI:

https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v3i1.390

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dilaksanakan pada tanggal 21 September 2018 dan siklus II pada tanggal 28 September 2018. Hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 60% kategori cukup, sedangkan aktivitas siswa yaitu 62% dengan kategori cukup, nilai rata-rata 76. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu sesuai dengan KKM yang ditetapkan yaitu 68, siswa yang tuntas 24 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 8 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 75% dan yang tidak tuntas 25%. hasil belajar siswa silkus I belum maksimal, dengan demikian maka dilanjutkan ke siklus berikutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 73% dengan kategori baik nilai rata-rata 78,77. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 28 orang tuntas dan 4 orang yang tidak tuntas. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 87,5% dan yang tidak tuntas 12,5%

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

S, H. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi Di Kelas Iv Sd Negeri 064032 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 3(1), 82–89. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v3i1.390