ANALISIS KESULITAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS PADA SISWA SD ISLAM TERPADU PRIMA MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1730Keywords:
Kesulitan Belajar; pandemic covid-19; daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika dimasa pandemic khususnya pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di SD Islam Terpadu Prima Mandiri. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas IV SD Islam Terpadu Prima Mandiri, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan siswa dalam belajar materi bangun datar dimasa pandemic. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan pemberian tes. Berdasarkan berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep bangun datar. Kesulitan-kesulitan dialami siswa dapat dikelompokkan dalam beberapa tipe, yaitu abnormalitas presepsi visual, gangguan hubungan keruangan dan asosiasi visual motor. Oleh karenanya dalam situasi pandemic ini, peran aktif antara sekolah dan orangtua menjadi sangat penting mengingat usia siswa masih sangat membutuhkan pengawasan yang optimal dalam menggunakan gadget dalam menunjang proses pembelajaran daring.