IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF EXPOSITORY TEXT THROUGH K-W-L METHOD
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v1i1.389Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan bertujuan untuk menunjukkan peningkatan pemahaman membaca siswa dalam teks eksposisi melalui metode K-W-L. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Kisaran dan subjek penelitiannya merupakan siswa-siswi kelas XII IPA 4 yang berjumlah 36 orang. Data yang dikumpulkan adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dalam dua tahap aktifitas pembelajaran dimana sebelum kedua tahap itu dilakukan, pre-test akan diberikan. Dalam tahap pertama, peneliti memberikan pelajaran mengenai teks eksposisi dengan metode konvensional sedangkan pada tahap kedua, peneliti mengajar menggunakan metode K-W-L. Dalam hal ini, peneliti memberikan 20 pertanyaan pilihan ganda untuk masing-masing tahap. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata (mean) skor test siswa dalam aktifitas pembelajaran tahap kedua lebih tinggi dibandingkan tahap pertama dan pre test, yaitu 78.88 di tahap kedua, 64.58 di tahap pertama, dan 48.88 pada pre-test. Data kualitatif dikumpulkan melalui kuesioner yang ditujukan kepada siswa serta lembaran pengamatan dan catatan harian peneliti di dalam kelas selama aktifitas pembelajaran berlangsung. Dan hasilnya menunjukkan bahwa siswa lebih aktif dan antusias ketika mereka berada dalam proses kegiatan pembelajaran tahap kedua dibandingkan pada tahap yang pertama.