INTELEGENSI GANDA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i1.2926Keywords:
Inteligensi gandaAbstract
Pendidikan yang berfungsi sebagai sarana untuk mentransmisikan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan budaya, seharusnya menjadi hal yang efektif untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia. Di sekolah penambangan kecerdasan masih didominasi oleh kemampuan umum tunggal. Saat ini konsep baru kecerdasan ganda (yaitu kecerdasan linguistik, matematika, spasial, kinestetik, musik, interpresonal dan naturalis) telah dikembangkan. Ini membutuhkan proses mplanning, aktivitas, pengenalan multiple intelliogence dan pendidikan ilmu sosial, persiapan pembelajaran, keputusan strategi dan implementasi pembelajaran dan evaluasi untuk mengintergrasikan kecerdasan ganda dengan pendidikan sciende sosial. Kecerdasan adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang untuk memecahkan persoalan dan menghasilkan produk dalam seuatu situasi yang bermacam-macam. Kecerdasan ganda atau kecerdasan majemuk yang dimiliki anak (Bahasa, Matematik, Spasial, Olah Raga, Seni, Antar Pribadi, Intra Pribadi, Lingkungan). Kegiatan pembelajaran oleh guru untuk mengembangkan kemampuan ganda/majemuk yang dimiliki, memberi ruang untuk dapat berkembang termasuk dalam aspek kehidupan sosial.
Downloads
References
Gardner, H. 1993. Frame of Mind : The Theory of Multiple Intelligences. New York : Basic Books.
__________, 1999. Intelligences Reframed : Multiple Intelligences for the 21th centure. New York : Basic Books.
Daniel, Goleman. 1999. Emotional Intelligence, Terjemahan T. Hermaya, Jakarta : Gramedia.
Dimiyanti, Mahmud, 2017, Psykologi Pendidikan & Yogyakarta, Penerbit, Andi.
Linda, Campbell,et.al.2002. Multiple Intelligences Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan, Terjemahan Tim Insiasi, Jakarta : Inisiasi Press.
Suparno, Paul. 2004. Teori Intelligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah.i Yogyakarta : Kanisius.
Muhammad, Alwi. 2002. Belajar Menjadi Bahagia dan Sukses Sejali, Kompas Gramedia.