PENGARUH SERVICESCAPE DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN BRAND EXIT GIRL DI MATAHARI MANHATTAN TIMES SQUARE MEDAN

Authors

  • Adilman Laia Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Teresita Wineva Malau Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Kuras Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v8i2.6303

Keywords:

servicescape, shopping lifestyle, impulsive buying

Abstract

Penelitian ini melibatkan 96 konsumen dari Exit Girl dari Brand di Downtown Manhattan Time Square, dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Data diteliti menggunakan regresi linier berganda dan uji T dan F. Hasil analisis menunjukkan: Servicescape pengaruh yang signifikan pada pembelian impulsif (thitung = 3,667 lebih besar dari ttabel = 1,661, yang berarti 0,000 kurang dari 0,05). Shopping lifestyle juga pengaruh signifikan (thitung = 3,445 > ttabel = 1,661, sig. 0,001 < 0,05). Secara simultan, keduanya mempengaruhi impulsive buying (Fhitung = 6,765 > Ftabel = 3,09, sg. 0,002 < 0,05). Koefisien penentuan (R2) Adalah 0,785 mengindikasikan bahwa 78% variabilitas pembelian impulsif dapat dijelaskan oleh kedua variabel, sementara elemen lain yang tidak termasuk dalam studi ini memengaruhi bagian lainnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. JURNAL VISIONER & STRATEGIS, 7(2), 1-9.

Artika, T., & Nelwan, O. S. (2018). Pengaruh strategi pemasaran kualitas pelayanan dan nilai nasabah terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Capital Indonesia TBK cabang wisma kodel. Jurnal STEI Ekonomi, 27(1), 81-99.

Dholakia, U. M. (2000). Temptation and resistance: An integrated model of consumption impulse formation and enactment. WILEY, 17(11), 955-982.

Dittmar, H., & Drury, J. (2000). Self-image – is it in the bag? A qualitative comparison between “ordinary” and “excessive” consumers. Journal of Economic Psychology, 21(2), 109-142.

Fauziyyah, F. (2018). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL YANG EFEKTIF TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI: Studi Pada Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah di Provinsi Jawa Barat. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

.

Ginting, M., & Haloho, E. (2021). Pengaruh Keterlibatan Pelanggan dan Pemasaran Sosial Media terhadap Loyalitas Pelanggan di Lim’s Cafe Kisaran. 3(2), 183-192.

Ginting, M., Sirait, R. T., & Harefa, H. S. (2021). Pengaruh Service Excellence dan Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pemustaka Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 8(1), 165-178.

Gultom, D. K., Ginting, P., & Sembiring, B. K. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(1), 21-33.

Imbayani, I. G., & Novarini, N. N. (2018). Pengaruh shopping lifestyle, fashion involvement dan positive emotion terhadap impulse buying behavior. 3(2), 199-210.

Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income surabaya. Jurnal manajemen pemasaran, 6(1), 32-41.

Mahmood, K., Abbas, M., Tariq, B., Allum, N. A., & Nag, K. (2023). Understanding Individual Differences Antecedents of Impulse Buying Behaviour. Kurdish Studies, 12(2), 102-113.

Nugraha, A. W., & Abdullah, Y. (2020). Servicescape and Group References in Determining Hedonic Value and Its Implication on Impulsive Buying. AFEBI Management and Business Review, 5(2), 59-69.

NURHAYATI, & SHANTI. (2022). ANALISIS KRITIS PENERAPAN KURIKULUM ISLAM TERPADU TERHADAP PEMBENTUKAN RESILIENCE CHARACTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA 2 PURWOKERTO BANYUMAS. S2 thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Purwokerto: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

Nurtanio, I. N., Bursan, R., Wiryawan, D., & Listiana, I. (n.d.). The Influence of Shopping Lifestyle and Hedonic Shopping Motivation on Impulse Buying in Bukalapak E-Commerce (Study on Bukalapak Consumers in Bandar Lampung). Takfirul Iqtishodiyyah (Jurnal Pemikirann Ekonomi Syariah), 2(2), 1-28.

Prabowo, A., Lubis, A. N., & Sembiring, B. K. (2021). The Effect of Promotion and Servicescape on Impulsive Buying Behavior with Shopping Emotion as Intervening Variables for Consumers Store of Fashion H&M in Sun Plaza Medan, North Sumatera, Indonesia . International Journal of Research and Review, 8(2), 235-252.

Siagian, E., Idahwati, & Ginting, M. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Silangit Residence Pada PT. Alga Sempurna Mandiri. Tekesnos : Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial , 4(1), 8-21.

Tambunan, E., Siregar, M., & Pasaribu, E. S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dan Harga Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Alam Jaya Medan. TEKESNOS : JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL, 5(1), 103-114.

Usvita, M., Yunus, M., & Ukhra, A. (2021). Pengaruh shopping lifestyle dan store atmosphere terhadap impulse buying pada konsumen Transmart Padang. JSER : Journal Of Social And Economics, 3(2), 139-145.

Yuniawati, Y., & Istichanah. (2023). Pengaruh Diskon, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Produk UNIQLO. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 3(3), 321-327.

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1).

Downloads

Published

2025-08-20