PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PEMASARAN ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PERCETAKAN CV. ANAK KAMPUNG NAMORAMBE DELI SERDANG

Authors

  • SEKAR GITA SAFITRI Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • NUR’AIN HARAHAP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • JULIANTO HUTASUHUT Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • ZAMALUDDIN SEMBIRING Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v10i1.6084

Keywords:

product quality, price, online marketing purchasing decisions

Abstract

Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan pemasaran online terhadap keputusan konsumen, baik secara parsial maupun simultan, merupakan tujuan utama dari riset ini yang dilakukan pada percetakan CV. Anak Kampung Namorambe Deli Serdang. Sebanyak 96 konsumen dijadikan sampel dalam penelitian ini, yang mengambil populasi dari konsumen CV. Anak Kampung Namorambe Deli Serdang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data meliputi regresi linear berganda, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, serta koefisien determinasi. Riset ini menghasilkan kualitas produk dengan parsial berdampak pada keputusan pembelian, karenanya bisa dilihat dari besaran thitung (2,120) > ttabel (1,985) secara besaran signifikansinya 0,037< 0,05. harga berdampak pada keputusan pembelian, karenanya terlihat dari besaran thitung (3,317) > ttabel (1,985) dengan besaran signifikansinya 0,001 < 0,05. Pemasaran online berdampak pada keputusan pembelian, karenanya terlihat dari besaran thitung (6,406) > ttabel (1,985) dengan besaran signifikansinya 0,000 < 0,05. Kualitas produk, harga dan pemasaran online berdampak dengan simultan pada keputusan pembelian terhadap percetakan CV. Anak Kampung Namorambe Deli Serdang, karenanya terlihat besaran Fhitung (145,722) > Ftabel (2,70) dengan skala signifikasi 0.000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, W., Abdurrahman, & Sari, P. R. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kab. Sumbawa Besar). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–7.

Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati,., & Halim, S. (2019). Pengaruh Digital Marketing terhadap Online Purchase Decision pada Platform Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi & Bisnis Politeknik Negeri Jakarta, 18(2), 144–152.

Firdaus, F., & Budi. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Sarung Tinju Merek “An-Da” Di Jawa Tengah. Diponegoro Journal Of Management, 6(4).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2021). Principles of Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Depok: Khalifah Mediatama.

Mewoh, F. M., Johny, E. R., Tampi, T., Danny, D. ., & Mukuan. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Departemen Store Manado Twon Square. Jurnal Adminisrasi Bisnis, 10(1), 1–15.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1).

Setiadi, N. (2018). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Penelitian Kualitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pulpen Parker Pada PT. Sahabat Utama Traco di Marketplace Shopee Official Store. Jurnallmiah Swara Manajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 333–342.

Thamrin, A., & Tantri, F. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2).

Downloads

Published

2025-07-26