PENGARUH SERVICE EXCELLENT DAN KOMPETENSI PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Authors

  • Dinar Azizah Arifin Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Muhammad Rahmat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Rukmini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Mutawaqil Bilah Tumanggor Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v9i2.5594

Keywords:

Service Excellent, Kompetensi Pustakawan

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah Untuk mencari tahu dan menganalisa dampak service excellent, pengaruh kompetensi pustakawan pada kepuasan pengguna perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Metode penelitian yang dipakai penelitian kuantitatif. populasi dalam penelitian yaitu 1894 orang. sampel pada analisis ini 95 orang. Dari hasil penelitian dan pembahasan, didapat simpulan bahwa service excellent dan kompetensi perpustakawan berpengaruh signifikan pada kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Service excellent dan kompetensi perpustakawan memang dapat memberikan dampak signifikan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan di Universitas Sumatera Utara (USU). Hal dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yan peneliti lakukan terhadap setiap variabel penelitian, sebagai berikut: Service excellent berdampak dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara, sebagaimana hasil penelitian diketahui nilai t hitung  > t tabel yaitu 4,451 > 1,985 dan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 di tolak. Kompetensi Perpustakawan berdampak dan signifikan pada kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara, sebagaimana hasil penelitian diketahui nilai thitung  > t tabel yaitu 3,507 > 1,985 dan dengan nilai sig 0,001 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 di tolak. Service Excellent dan Kompetensi Perpustakawan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara, sebagaimana hasil penelitian diketahui nilai f hitung  > f tabel yaitu 83,354 > 3,09 dan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 di tolak. Sementara itu, diperoleh nilai R2 senilai 0,644 Dengan demikian menyatakan bahwa service excellent dan kompetensi perpustakawan secara simultan berdampak pada kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Sumatera Utara senilai 64,4% dengan sisanya 35,6% yang dipengaruhi oleh aspek-aspek di luar penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika, Bayu (2016). “Analisis Website Quality, Trust,dan Loyalty Pelanggan

Arikunto. (2006), “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Rineka Cipta. Jakarta.

Aulia, M., & Hidayat, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2). https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58

Barata, Atep Adya, 2023. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Barnes SJ, Vidgen R. (2003), “Measuring Website Quality Improvement : A Case study of the Forum on Strategic Management Knowledge Exchange”, Industrial Management and Data Systems, Vol.103, p.297-309.

Barnes, S.J., & Vidgin, R.T. (2002), “An Integrative Approach To The Assessment Of E-Commerce Quality”, Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 3, No. 3, p. 114-127.

Bay, Billy, et al, (2008), “The Impact Of Website Quality On Customer Satisfaction And Purchase Intentions: Evidence From Chinese Online Visitors”, International Journal of Hospitality Management, Vol. 27, p. 391–402.

Byun, DH & Finnie, G, (2011), “Evaluating Usability, User Satisfaction And Intention To Revisit For Successful E-Government Websites”, Electronic Government, An International Journal, Vol. 8, No. 1.

Chaplin, JP, (2011), “Kamus Lengkap Psikologi”, Rajawali Pers. Jakarta.

Daryanto, dan Setyabudi, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dewi, S.P. (2014), “Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik dan Kualitas Situs Web Terhadap Kepuasan Pelanggan Elektronik dan Loyalitas Pelanggan Elektronik”. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Diana, (2012), “Evaluasi Website E-Goverment menggunakan Evaluasi Kualitas dan WebLog”, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

DiJulius, J. R. (2015). The Customer Service Revolution: Overthrow Conventional Business, Inspire Employees, and Change the World. Crown Business.

Ein Humanistischer (2019) Informationelle Kompotenz. Berlin/ Boston: Cpi Books Gmbh, H.

Farida, A., & Hardianawati, H. (2019). Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Cabang Pahlawan Revolusi Baru. Jurnal Administrasi Bisnis Asmi, 3(2), 11–20. http://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JAB/article/view/336.

Febrianto, E. (2004). “Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Melaporkan SPP di KPP Jayapura. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Gofur, A. (2019b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

Hasanov, Jasur and Khalid, Haliyana, (2015), “The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention of Organic Food on Malaysia : A Webqual Model Approach”, Procedia Computer Science, Vol. 72, p. 382-389.

Hurriyati, Ratih. 2018. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta

Irawan, Candra, (2011), “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah dengan menggunakan Webqual (Studi Kasus pada Kabupaten Ogan Ilir)”, KNTIA.

Irawan, H. (2003). Indonesian Customer Satisfaction, Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang. Elex media komputindo, Jakarta.

Ismail, M. S. (2005). Kompetensi Pustakawan dalam Era Digital. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

James O’Brien and Goerge M Caracas (2011), Management Information System, 10 ed, Mc Graw Hill, New York, Chapt. 10, p. 393.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Standar Kompetensi Pustakawan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Lazada (Studi pada Masyarakat Jogjakarta)”. Universitas Negeri Yogyakarta, Kholil, I. (2017). Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web. Jurnal Pilar Nusa Mandiri CUSTOMER, 13(1), 43–48. Yogyakarta.

Lukman & Kustantyana,S, (2012), Manajemen Penerbitan Jurnal Ilmiah, Sagung Seto, Jakarta.

Nadhifah, Khusnun (2020) Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Jember. Jurnal Pustaka Ilmiah, Volume 6 Nomor 1, Juni 2020.

Napitupulu, Darmawan B (2016), “ Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ dengan Pendekatan Webqual ”, Buletin Pos dan Telekomunikasi, Vol. 14, No. 1, p. 51-64.

Pratama, Irianto B, (2017), Analisis Kepuasan Pengguna pada Situs Gotomalls.com menggunakan Metode Webqual , Fakultas Bisnis dan Menejemen Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh November, Tesis, Surabaya.

Rahman, H.H (2013). Analisis Pengaruh Webqual Terhadap Kepuasan Pengguna Dalam Pemesanan Tiket Air Asia dan Lion Air Secara Online, (tesis tidak diterbitkan). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sam, MF and Tahir, HN, (2009),” Website Quality And Consumer Online Purchase Intention Of Air Ticket”, International Journal of Basic & Applied Sciences, Vol: 9, No: 10, p. 20-25.

Santoso, B.S., dan Anwar, M.F. (2015). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance-Performance Analysis (IPA).

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahruramadhan & Haruddin (2024) Pengaruh Kompetensi Pustakawan terhadap Kualitas Layanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima. Literatify : Trends in Library Developments 2722-1571 (p-ISSN) 2723-0953 (e-ISSN) Volume 5 Issue 1, March 2024.

Wicaksono, BL dan Susanto, A, (2013), ” Evaluasi Kualitas Layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode Webqual Modifikasian dan Importance Performance Analysis”, Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), Vol 2, No 2 (Mei), p. 7-14.

Widarjono, Agus, (2015), Analisis Multivariat Terapan: Dengan Program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS, Ed. Kedua, UPP STIM YKPN, Jogjakarta.

Yaghoubi, et al., (2011), “Internet Bookstore Quality Assessment: Iranian Evidence”, African Journal of Business Management, Vol. 5, No. 30, p.12031-12039.

Tetralleniajr, T., Anggraeni, N., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT.KAI Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1554–1569. https://doi.org/10.31955/mea.v5i2.1337.

Downloads

Published

2025-01-09