PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. HEALTH WEALTH INTERNATIONAL
DOI:
https://doi.org/10.51544/jmm.v6i1.2117Keywords:
Produk, Harga, Distribusi/Tempat, Promosi, Keputusan Pembelian KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Health Wealth International (Studi Kasus Masyarakat Desa Marindal I Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang).Penelitianini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dengan jumlah populasi sebanyak 28.460 responden denganbatas toleransi sebesar 10% yang dihtung dengan rurmus slovin maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpuan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden yaitu Masyarakat Desa Marindal I Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi.Hasil analisa regresi linier berganda diperoleh Y=1,884+0,333X1+0,339X2+0,199X3 +0,270X4. Hasil uji parsial(ujit) menunjukkan produk(X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari t hitung 3,877 > t tabel 1,661 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Variabel Harga(X2 )berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung 4,355 > ttabel 1,661dengan signifikan 0,000 < 0,05. Variabel Distribusi/Tempat(X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai t hitung 2,674 > t tabel 1,661dengan signifikan 0,009 < 0,05. Variabel Promosi(X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung 4,138 > t tabel 1,661dengan signifikan 0,000 < 0,05. Sementara hasil uji simultan (uji f) dari keempat variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel produk, harga, distribusi/tempat, promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, hal tersebut dilihat dari nilai f hitung (83,030) > ftabel (3,09) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dengan nilai R square sebesar 0,778. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel X1, X2, X3, X4 terhadap variabel Y sebesar 77,8%, sedangkan sisanya sebesar22,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.