Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bakso Akbar Bakti Luhur Medan

Authors

  • Mery Lani Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Pasu Awi L. Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmm.v8i1.5290

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Bakso akbar Medan. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan akan dianalisis secara parsial dan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung di Bakso Akbar Bakti luhur Medan dengan teknik pengambilan survey. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan pada Bakso Akbar Bakti luhur Medan. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, relibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan  menunjukkan bahwa variabel harga(X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y)  , sedangkan variabel kualitas pelayanan (X2)  berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari setiap variabel secara simultan dapat dilihat bahwa nilai Fhitung (17,267) > Ftabel (3,09) atau sig. sebesar 0,000 < 0,05. Data diolah secara statistik dengan menggunakan alat bantu program SPSS 26.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alif.2016. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen PT Roda Express Sukses Mandiri. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Angelia, dkk. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas produk danKebijakan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Kawan Baru Mantos Manado. Jurnal Emba.

Dhita, N. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keouasan Pelanggan dan Harga Terhadap Loyalitas Waroeng Steak & Shake Medan. Skripsi Manajemen

Ekawati.2013. Pengaruh keragaman produk dan harga terhadap loyalitasPelanggan (Studi pada Toko Teguh Pasar Sumedang CepokomulyoKepanjen. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen.

Fandy dan Tjiptono. 2005 Manajemen Jasa. (Prinsip,Penerapan, dan Penelitian Jakarta: Andi.

Fandy Tjiptono.2014.Pemasaran Jasa: prinsip, Penerapan, penelitian. Edisi Ketiga Yogyakarta:Andi Offset.

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip,Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi dan Hamdani. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sefrina, Kotler dan Keller 2019. Penetapan Harga (Tujuan Penetapan Harga). Jakarta: Rudi.

Sugiyono .2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif: Bandung: Alfabeta.

Sugiyono .2012. Metode Penelitian Bisnis.. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono.2008. Strategi Pemasaran: Yogyakarta:Andi.

Tjiptono F .2012. Metode Penelitian Bisnis: Bandung: Bayu Alfabeta.

Tjiptono F .2014. Pemasaran Jasa: Malang: Bayu Media.

Downloads

Published

2023-06-21

Most read articles by the same author(s)