HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA BARU S1 KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PERKULIAHAN TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Authors

  • Adetia Pramesti Rinarta Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Deasti Nurmaguphita Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
  • Mamnuah Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51544/jmkm.v9i2.5647

Keywords:

stress, Mekanisme Koping, mahasiswa keperawatan

Abstract

Latar belakang: Mahasiswa baru sering melakukan penyesuaian terhadap tahun pertama perkuliahan, maka hal ini kemungkinan dapat menimbulkan stres. Tingkat stres yang dialami setiap individu berbeda, tergantung kemampuan individu dalam mengatasi stres. Mekanisme koping merupakan cara untuk mengatasi stres yang akan membantu beradaptasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara tingkat stres dan mekanisme koping pada mahasiswa baru S1 keperawatan dalam menghadapi perkuliahan tahun pertama di Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Metode: Penelitian deskriptif korelasional menggunakan pendekatan cross-sectional. Responden dipilih dengan teknik simple random sampling dan mendapatkan 145 mahasiswa baru S1 keperawatan yang menghadapi perkuliahan tahun pertama di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Analisis data menggunakan uji Kendall-Tau. Dalam pengambilan data menggunakan kuesioner karakteristik responden, kuesioner tingkat stres SLSI yang dimodifikasi, dan kuesioner mekanisme koping.

Hasil: Sebagian besar responden dalam kondisi stres sedang (58,9%) dengan mekanisme koping adaptif (93,8%). Nilai signifikansi uji Kendall-Tau sebesar 0,720.

Kesimpulan: tidak terdapat hubungan tingkat stres dengan mekanisme koping pada mahasiswa baru S1 keperawatan dalam menghadapi perkuliahan tahun pertama di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Dalam hal ini, mahasiswa baru disarankan dapat lebih terbuka dalam menghadapi stres akibat tahun pertama perkuliahan agar mendapatkan bantuan atau konseling yang tepat dari pihak universitas, teman, maupun keluarga serta dapat menggunakan dan mempertahankan koping adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyani, L. N., & Astuti, R. D. (2018). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.

Universitas Muria Kudus. Januari 2019, 2–131.

Alhamdika, F. (2021). Pengaruh Coping Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Ajaran 2020/2021. Retrieved from scholar.unand.ac.id: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99151. Accessed: November 2023

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Anjani, V. R. (2019). Pengalaman stres mahasiswa keperawatan pada tahun pertama di STIKes Hang Tuah Pekanbaru. Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4, 83–96. https://doi.org/10.31943/afiasi.v4i3.67

Aris, Y. (2016, Januari). Hubungan Tingkat Stres dengan Strategi Koping Pada Mahasiswa. Retrieved from scholar.unand.ac.id: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15936

Aris, Y., Sarfika, R., & Erwina, I. (2018). Stress pada Mahasiswa Keperawatan dan Strategi Koping yang Digunakan. NERS : Jurnal Keperawatan, Volume 14 Nomor 2, 81-91. http://dx.doi.org/10.25077/njk.14.2.81-91.2018

Azizah, L. M., Zainuri, I., & Akbar, A. (2020). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa : Teori dan Aplikasi Praktik Klinik. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Breaz, M. A. (2020). The Influence Of The Residential Environment On The Stress Assessment In Teenagers. Revista Universitară de Sociologie, 1, 140–150. www.sociologiecraiova.ro. Accessed: November 2023

Darwan, S., Buanasari, A., & Kundre, R. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pencegahan Pasung Terhadap Intensi Pasung Pada Keluarga Odgj Di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. Ratumbuysang Manado. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24352

Diannita, C. G., Hasibuan, S. Y., & Florensa, M. V. A. (2023). Stres, Mekanisme Koping, dan Perilaku Mencari Bantuan Kesehatan pada Masyarakat Usia Produktif. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(4), 881–888. https://doi.org/10.26714/jkj.11.4.2023.881-888

Ekayamti, E. (2020). Anxietas and Coping Mechanism of The Final Semester Nursing Students in The Situation of Covid-19. Journal of Vocational Nursing, 1(2), 161. https://doi.org/10.20473/jovin.v1i2.23565

Endah, E. (2022). Studi Tingkat Stres dan Gaya Koping Mahasiswa Selama Pandemi. Jurnal Kebidanan, 11(1), 56–61. https://doi.org/10.35890/jkdh.v11i1.247

Fajlurrahman, I., & Wardaningsih, S. (2021). Kebijakan kampus terkait kesehatan jiwa pada mahasiswa: literature review. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(3), 603–612. e-ISSN 2655-8106

Fikrie, Ariani, L., & Hermina, C. (2019). Perbedaan Kesepian Pada Mahasiswa Tahun Pertama dan Kedua. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, 242-247.

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282

Hasanah, U. (2017). Hubungan Antara Stres Dengan Strategi Koping Mahasiswa Tahun Pertama Akademi Keperawatan. Jurnal Wacana Kesehatan, 2(1), 16. https://doi.org/10.52822/jwk.v2i1.44

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018 . Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Accessed: November 2023

Lestari, P. E., Ramaita, & Ameliati, S. (2021). Hubungan Tingkat Stres Dengan Motivasi Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Perawat, Volume 6 Nomor 1, 15-21. https://doi.org/10.26751/ijp.v6i1.869

Maulina, B., & Sari, D. R. (2018, Juni 1). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Volume 4 Nomor, 1-5. https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4753

Millasari, S., & Jannah, S. R. (2019). Hubungan Antara Sistem Pembelajaran Dengan Tingkat Stress Dan Adaptasi Pada Siswa Pesantren Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, Volume 4 Nomor 2, 83-89.

Morales-Rodríguez, F. M., & Pérez-Mármol, J. M. (2019). The Role of Anxiety, Coping Strategies, and Emotional Intelligence on General Perceived Self-Efficacy in University Students. Journal Frontiers in Psychology, Volume 10, 1-9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01689

Nadatien, I., & Mulayyinah. (2019). Hubungan Mekanisme Koping dengan Tingkat Stres pada Pasien Kanker di Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jawa Timur. JI-KES: Jurnal Ilmu Kesehatan, Volume 2 Nomor 2, 68-71. http://dx.doi.org/10.33006/ji-kes.v2i2.121

Purnomo, M., Subiwati, & Rosidah, E. M. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Mekanisme Koping pada Mahasiswa Tingkat Akhir S1 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kudus Tahun 2017 / 2018. University Research Colloqium 2019, 721. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/713. Accessed: November 2023

Rahayu, M. N., & Arianti, R. (2020, Agustus 2). Penyesuaian Mahasiswa di Perguruan Tinggi: Studi pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi UKSW. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, Volume 4 Nomor 2, 73-84. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681

Ramadhanti, I. F., Hidayati, N. O., & Rafiyah, I. (2019). Gambaran Stressor dan Strategi Koping pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v5i2.16635

Rifai, S. I., Herawati, I., & Mulyani, Y. (2023). Tingkat Stres Berhubungan Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Tingkat 1 Sarjana Keperawatan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, Volume 5 Nomor 1, 83-92. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i1.1355

Rinawati, F., & Sucipto. (2019, Mei). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, Volume 7 Nomor 1, 95-100. https://doi.org/10.26714/jkj.7.1.2019.95-100

Sari, N. P., & Sari, A. K. (2020). Comparison of Stress Level and Coping Strategy Between Therapeutic Phases in Newly Diagnosed Tuberculosis. International Journal of Public Health Science (IJPHS), Volume 9 Nomor 2, 145-152. https://doi.org/10.11591/ijphs.v9i2.20410

Tamiya, A. P., Wahyuni, S., & Hasneli, Y. (2022). Mekanisme Koping Mahasiswa Keperawatan Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Pada Masa Pandemi Covid-19. Jkep, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i1.725

Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa. (2014). Retrieved from peraturan.bpk.go.id: https://peraturan.bpk.go.id/Details/38646/uu-no-18-tahun-2014. Accessed: November 2023

Widhiastuti, H., & Harsoyo, P. (2020). Manajemen Stress Menggunakan Hypnoterapi. In Universitas Semarang Press.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Rinarta, A. P., Nurmaguphita, D., & Mamnuah. (2025). HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA BARU S1 KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PERKULIAHAN TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. JURNAL MUTIARA KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 126–135. https://doi.org/10.51544/jmkm.v9i2.5647