PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PELAYANAN PEGAWAI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN PETISAH TAHUN 2016

Authors

  • Heri Enjang Syahputra Dosen USM-Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah pada tahun 2016. Penelitian ini bersifat kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik insidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 101 responden. Metode pengumpulan data yang terkait dengan masalah penelitian dilakukan menggunakan metode kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk pertanyaan tertutup. Data diambil pada bulan Maret 2016. Hasil Penelitian dari 101 responden, menunjukkan bahwa Kesadaran Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah tahun 2016 berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai sig sama besarnya dengan nilai alpha(0,000). Dari hasil uji signifikansi terlihat nilai probabilitas sebesar 0,00<0,05, sehingga Ho ditolak. Dengan demikian pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengaruh Pelayanan wajib Pajak secara simultan mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak, signifikan sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Pegawai Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.

Kata Kunci : Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Pegawai Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-12

Most read articles by the same author(s)