Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Make Up Artist Anabella

Authors

  • Mega Ulva Sihombing Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Nurhawati Simamora Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rizky Indah Fitria Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jlmk.v8i2.5607

Keywords:

Pemanfaatan Instagram, Promosi

Abstract

Pengguna internet media sosial semakin ramai digunakan oleh masyarakat dunia. Media sosial diyakini sebagai usaha untuk melakukan pemasaran produk atau jasa. Kini para make up artist (MUA) dapat mempromosikan layanan mereka melalui media sosial, salah satunya adalah Instagram. Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan instagram sebagai media promosi make up artist Anabella. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Instagram sebagai media promosi pada Anabella make up dengan menggunakan teori promotion mix dan marketing mix dari kotler dan Armstrong yaitu Advertising, price, product, place, dan promotion. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Anabella telah memanfaatkan Instagram sebagai media promosi dengan baik dan tepat. Penelitian ini juga menunjukan bahwa dalam lima indikator komunikasi promosi yang diaplikasikan oleh make up artist Anabella di media sosial Instagram pada teori promostion mix dan marketing mix adalah periklanan (advertising) dan promosi (promotion) sedangkan harga (price), produk (product), dan tempat (place) tidak diaplikasikan karena menyesuaikan dengan client yang akan di make up. periklanan (advertising), dan promosi (promotion) merupakan indikator yang paling dominan dilakukan oleh Anabella make up. Anabella melakukan Periklanan (advertising), dan promosi (promotion) dengan menggunakan media sosial Instagram dengan memanfaatkan fitur yang ada seperti story, Instagram reels, Instagram feed, dan juga Ads on Instagram untuk menjangkau dan menarik konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annur, C. M. (2023). Indonesia Masuk 5 Besar Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak di Dunia. Databoks, Oktober, 2023. https://databoks.katadata.co.id/media/statistik/e775c90d0a853ab/indonesia- masuk-5-besar-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-di-dunia

Annur, C. M. (2022). Ini Media Sosial Paling Efektif Untuk Promosi Produk Investasi. Databooks, November, 2022. https://databoks.katadata.co.id/keuangan/statistik/0a29dbe1f5b4b52/ini-media- sosial-paling-efektif-untuk-promosi-produk-investasi

Arvanitha, S. Peranan Akun Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner di Kompleks Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar. Fakultas Ekonomi Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar. (2019). Skripsi. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/8883-Full_Text.pdf

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. Instagram Sebagai Media Promosi dalam meningkatkan penjualan pada A.D.A Souvenir Project. 2 (2), (2022). 466–477. https://www.semanticscholar.org/paper/instagram-sebagai-media-promosi-dalam-meningkatkan-AryaniMurtiariyati/d6e2725ec16abc9e0e67afca65850434641e6ae2

Chandra, F. Social Media Marketing. Yogyakarta: Diva Press. (2021).

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. Principles of Marketing 17 Edition. Global Edition, Pearson Education. (2018) Lutfiansyah, N. S. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Dengan Fotografi. Jurnal Nawala Visual, 5(1), (2023).40–45. https://www.researchgate.net/publication/370611436_pemanfaatan_instagram_s ebagai_media_promosi_dengan_fotografi

Mouw et al., (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif, Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi. 2022.

Muliyati, Rabbani, D. B et al. Komunikasi pemasaran. Sumatera Barat : PT. Global Eksekutif Teknologi. (2022)

Rustan, A. S., & Hakiki, N. (n.d.). (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish. Shimp, Terence A. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat. 2014.

Soemanagara. Strategic Marketing Communication (Konsep dan Strategis dan Terapan). Bandung: Alfabeta. (2016).

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta. (2022).

Widyastuti, S. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta Selatan: FEB-UP Press. (2018). https://www.beautyjournal.id/glossaries/make-up-artist

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Sihombing, M. U., Simamora, N., & Fitria, R. I. (2024). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Make Up Artist Anabella. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 8(2), 129–238. https://doi.org/10.51544/jlmk.v8i2.5607