GAMBARAN PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 112271 SIAMPORIK KECAMATAN KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA

Authors

  • Nursinah Munthe Universitas Darma Agung
  • Setiamenda Ginting Universitas Darma Agung

Keywords:

Pelaksanaan, UKS, SD, Labura, Medan

Abstract

Usaha Kesehatan Sekolah adalah bagian dari usaha kesehatan pokok yang menjadi beban tugas Puskesmas yang ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak beserta lingkungan hidupnya, dalam rangka mencapai keadaan kesehatan anak sebaik-baiknya dan sekaligus meningkatkan prestasi belajar anak sekolah setinggi-tingginya. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasikan gambaran pelaksanaan program UKS di tingkat SD N 112271 Siamporik Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi adalah seluruh siswa-siswi SD N 112271 Siamporik yang berjumlah 354 orang, sampel dalam penelitian ini adalah 15% dari populasi yang berjumlah 53 orang secara random sampling. Metode pengumpulan data meliputi data primer melalui pembagian kuesioner kepada  responden terdiri dari data demografi dan pelaksanaan program UKS yang meliputi: pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan kesehatan lingkungan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Gambaran Pelaksanaan Program UKS belum optimal  dimana secara keseluruhan mayoritas cukup sebanyak (50,9%). Untuk itu disarankan kepada pihak petugas kesehatan untuk lebih berperan dalam memperhatikan pelaksanaan UKS, kemudian  kepada Kepala sekolah, Guru dan semua komponen sekolah serta pemerintahan dan masyarakat perlu untuk lebih berperan dalam pelaksanaan program UKS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-02-21

How to Cite

Munthe, N., & Ginting, S. (2019). GAMBARAN PELAKSANAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 112271 SIAMPORIK KECAMATAN KUALUH SELATAN KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 3(1), 36–49. Retrieved from https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1073