SOSIALISASI DAN SIMULASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI PADA SISWA/I SMP SWASTA ADVENT KABANJAHE KABUPATEN KARO

Authors

  • Indah Selviana STIKes Arta Kabanjahe
  • Hartaulina Saragih STIKes Arta Kabanjahe
  • Herianto Bangun STIKes Arta Kabanjahe
  • Jismer Panjaitan STIKes Arta Kabanjahe
  • Eka Permata Sari Purba STIKes Arta Kabanjahe

DOI:

https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6283

Keywords:

Gempa Bumi, Bencana, Siswa/I SMP

Abstract

Melihat buruknya dampak bencana alam gempa bumi yang dapat mengancam keberlangsungan hidup masyarakat terutama anak-anak, semakin membuktikan bahwa pendidikan mitigasi bencana alam sangat perlu untuk dilakukan. Kegiat pengabdian masyarakat mitigasi bencana dilakukan dengan sosialisasi ini di lakukan di sekolah SMP Swasta Advent Kabanjahe Kabupaten karo. Berbagai kegiatan dilakukan dengan pemaparan materi melalui presentasi dengan animasi digital, mengadakan tanya jawab dan diskusi, serta dilengkapi dengan simulasi di luar ruangan. Kerentanan yang dimiliki anak-anak dalam menghadapi dan menyikapi bencana alam tentu meningkatkan risiko yang harus segera dilakukan antisipasi dan pemahaman mendalam mengenai bencana alam. Dari hasil evaluasi yang dilakukan dengan pengamatan pada kegiatan simulasi didapatkan 75% atau sekitar 50 siswa memahami dengan baik cara-cara untuk menghadapi gempa bumi ketika di sekolah yaitu di halaman sekolah. Sebelum melakukan sosialisasi, para siswa hampir keseluruhan tidak mengetahui bagaimana cara mitigasi bencana gempa bumi dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angela, N. (2022). Sosiologi sosialisasi. Universitas Esa Unggul.

Arisona, R. D. (2020). Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa SDN 2 Wates Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Atmojo, S., & Muhandis, I. (2019). Sistem informasi geografis bencana gempa bumi dengan pendekatan PGA untuk mitigasi bencana. Jurnal Ilmiah Edutic, 6(1), 10-14.

Emosda, Lela, & Fadzlul. (2014). Mengkonstruk pemahaman masyarakat peduli bencana alam banjir.

Jurnal Pengabdian Masyarakat, 29(3), 21-29

Fauziah, F., Lukiyana, L., Wijayanto, H., Pangestu, A. R., Hidayat, Z. S., & Hidayat, A. S. (2022). Pemulihan korban gempa Cianjur melalui program rumah belajar anak di desa Cibulakan kabupaten Cianjur Jawa Barat. PANDAWA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Ginting, Budi, Sunardi, & Sukan ta. (2020). Analisis kerawanan seismik di permukaan tanah untuk mitigasi gempa bumi di kabupaten Majalengka menggunakan metode PSHA. Seminar Nasional Fisika, 7-13.

Kartikasari, Y. M., & Choiruddin, A. (2022). Analisis risiko gempa bumi di Sumatera dengan Cauchy Cluster Process. Inferensi, 5(2), 123-134.

Nakamura, Y. (2005). Public health impact of disaster on children. JMAJ, 48(7), 377-384.

Purnamasari, I. (2016). Perbedaan reaksi anak dan remaja pasca bencana. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 49-55.

Qurrotaini, L., & Nuryanto, N. (2020). Implementasi pendidikan mitigasi bencana alam. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-44.

Setyowulan, D. (2022). Edukasi mitigasi bencana gempa bumi di SD Islam Terpadu Insan Permata Malang. Tekad: Teknik Mengabdi, 1(1), 18-22.

Sherchan, S., Samuel, R., Marahatta, K., Anwar, N., Van Ommeren, M. H., & Ofrin, R. (2017). Post-disaster mental health and psychosocial support: experience from the 2015 Nepal earthquake. WHO South-East Asia journal of public health, 6(1), 22-29.

Yuniawatika, Y., & Yulistiya, D. (2022). Sosialisasi tanggap bencana gempa bumi untuk anak sekolah dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 65-71.

Downloads

Published

2025-07-09