PELATIHAN PEMBUATAN GAME SEDERHANA MENGGUNAKAN SCRATCH PROGRAMMING DI SMK NEGERI I PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Alexander F.K. Sibero Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains, Teknologi dan Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Immanuel H G Manurung Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains Teknologi dan Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesi, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Adelia Wira Bhakti Mahasiswi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesi, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Kristina Natalia Br. Simbolon Mahasiswi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesi, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Delvia Ndruru Mahasiswi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesi, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Enda Carlos Bangun Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesi, Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6241

Keywords:

Game sederhana, scratch programming, Siswa, SMK

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tahun ini adalah dalam upaya meningkatkan pemahaman bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).  Pada saat ini, banyak siswa-siswi SMK yang diharapkan lebih kreatif dan dapat menghasilkan banyak karya. Banyak dari siswa-siswi yang memiliki ide namun cukup untuk mengekspresikannya menjadi suatu produk. Disisi lain semakin banyak tamatan SMK yang tidak dapat bekerja dengan memanfaatkan kreatifitas. Sebagai tenaga pengajar, kami para dosen ingin mengedukasi siswa-siswi agar memahami kreatifitas dengan pelatihan pembuatan game dengan menggunakan scratch programming, sehingga harapan akhir siswa-siswi mampu membuat game sederhana seperti yang diharapkan. Pada kegiatan ini kami mencoba untuk memperkenalkan cara mengetahui cara pembuatan game sederhana dengan menggunakan scratch programming. Bagaimana menentukan tema dan langkah-langkah pembuatannya. Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru bagi siswa- siswi SMK untuk dapat membangun kreatifitas yang lebih baik lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. C. Ningrum. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Kaliputih.” Ind. High. Educ 3(1):1689–99.http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/ 3845A.

M. A. Yakin. 2021. “Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X.” J. Penelit. dan Pendidik . IPS 15(2): 108–14.

Maloney, J., Resnick, M., Rusk, N., Silverman, B., & Eastmond, E. (2010). The Scratch Programming Language and Environment. ACM Transactions on Computing Education (TOCE), 10(4), 1–15. https://doi.org/10.1145/1868358.1868363

Resnick, M., Maloney, J., Monroy-Hernández, A., Rusk, N., Eastmond, E., Brennan, K & Kafai, Y. (2009). Scratch: Programming for All. Communications of the ACM, 52(11), 60–67. https://doi.org/10.1145/1592761.1592779

Brennan, K., & Resnick, M. (2012). New frameworks for studying and assessing the development of computational thinking. In Proceedings of the 2012 annual meeting of the American Educational Research Association (AERA), Vancouver, Canada.

Budyastomo, A. W dan Yusuf, M. F 2023. "Penerapan Metode Pembelajaran Computational Thinking Dengan Menggunakan Aplikasi Scratch Di Pondok Pesantren Al Asror Kota Semarang". Jurnal Batoboh, 8(2).138-152

Nasution, A. F., & Arifin, A. N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Scratch dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(2), 130–138.

Kafai, Y. B., & Burke, Q. (2014). Connected Code: Why Children Need to Learn Programming. MIT Press.

Saputro, H. D., & Permana, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Scratch untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 34–42.

Scratch Foundation. (2024). Scratch – Imagine, Program, Share. Diakses dari: https://scratch.mit.edu/

Mitchel Resnick & The Lifelong Kindergarten Group. (2023). Creative Learning with Scratch. https://llk.media.mit.edu/

Downloads

Published

2025-07-09